Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 28 Mei 2018

Kurangi Penggunaan Garam Jika Sudah Merasakan Gejala Ini

Garam membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat juga penting untuk kesehatan. Namun jika kita tanpa sadar terlalu banyak asupan garam, tingginya natrium beresiko membuat penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah meningkat, diabetes, penyakit jantung bahkan sampai stroke.


Dengan mengenali tanda dan gejala yang muncul akibat terlalu banyak garam, kandungan natrium yang sudah ada dalam tubuh diharapkan dapat mengalami pengurangan sehingga tidak sampai mengakibatkan hal buruk. Beberapa tanda ketika kita terlalu banyak garam, antara lain :
1. Kepala sakit dan berat
Menurut penelitian yang dilakukan Johns Hopkins University, jika seseorang telah memiliki asupan sodium / Natrium yang sangat tinggi akan membuat kepala sering sakit. Dengan asupan garam sebanyak 3.500 mg Natrium, memiliki resiko tiga kali lebih sering mengalami sakit kepala dibandingkan mereka hanya menggunakan natrium 1.500 mg. Kurangi asupan garam yang terlalu banyak jika kepala mudah sakit dan terasa berat.
2. Kesulitan berpikir
Penelitian di Kanada tahun 2011 yang menguatkan kebiasaan seseorang terhadap bahaya garam juga menunjukkan, orang dengan diet tinggi natrium mempunyai risiko lebih tinggi terhadap penurunan kognitif, dibandingkan orang yang melakukan diet dengan sedikit garam. Menggunakan garam sebagai pola diet secara berlebihan juga memicu otak kesulitan dalam berpikir, mengingat, dan gangguan yang terhubung dengan kognitif.
3. Haus terus
Tanda seorang telah banyak asupan garam adalah ketika sering merasa kehausan yang terjadi terus menerus. Saat garam masuk terlalu banyak ke tubuh, secara Response tubuh memerlukan banyak air untuk menetralisir dan menyeimbangkan cairan. Jika seseorang yang mengalami haus akibat garam dan tidak segera ditanggulangi, maka lambat memicu lonjakan tinggi pada tekanan darah, peningkatan kolesterol tubuh sehingga dapat menimbulkan stroke.
4. Bibir pecah
Garam yang terlalu banyak dalam tubuh akan memberi gejala bibir terlihat pecah pecah. Sedikitnya air yang dimiliki tubuh untuk melakukan keseimbangan akan berdampak kekeringan di mulut sehingga mengalami pecah-pecah karena dehidrasi.
5. Buang air
Keseringan buang air kecil dapat karena banyaknya air dan juga garam. Saat tubuh kelebihan garam, tubuh mengirim respon untuk membuang sisa garam yang masih ada melalui buang air cairan tubuh tetap seimbang. Jika terlalu banyak garam, seseorang akan lebih sering masuk kamar kecil untuk buang air.
6. Sakit Maag
Jurnal Infection and Immunity dalam penelitian yang dipublikasikan memberi bukti tentang kelebihan natrium berdampak negatif pada lapisan perut. Ternyata hasil penelitian itu juga menerangkan bahwa banyak konsumsi garam ada kaitannya dengan munculnya penyakit maag.
7. Pembengkakan di tubuh
Pembengkakan di organ tubuh tertentu dapat dipicu akibat terlalu banyak asupan garam. Tanda dan gejala ini akibat akumulasi cairan tubuh disebut Edema.
"Tubuh kita adalah mesin yang kompleks yang harus menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit," kata Dr.Mehran Movassaghi. Ia menambahkan, mengkonsumsi kelebihan sodium akan membuat otak melepaskan hormon yang memerintahkan tubuh untuk menahan cairan sebanyak mungkin sebagai cara menjaga keseimbangan.
8. Batu Ginjal
Tanda dan gejala ketika garam banyak dalam tubuh, saat asupan sodium lebih banyak ditemukan dalam air seni. Kemungkinan tubuh akan memiliki risiko lebih besar menderita batu ginjal.
Penggunaan garam yang banyak dilakukan sepanjang hari, tidak hanya memberi rasa pada makanan semata. Tanpa kontrol dan memperhatikan tanda serta gejala akibat kebanyakan garam , kesehatan tubuh dapat mengalami gangguan fungsi dan kesehatan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar