Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 27 Mei 2018

Kenali Sebabnya, Mengapa Anda Sering Sedih Tanpa Alasan ?

Mengapa kita sering merasa sedih tanpa alasan yang jelas ? Mungkin pertanyaan ini pernah muncul atau mungkin sedang muncul dalam hati kita, sedih tanpa diketahui alasan jelasnya.
Sumber winnetnews.com

Secara psikologis, perasaan sedih, senang atau pun perasaan lainnya merupakan luapan emosi manusia yang dituangkan dalam bentuk perasaan sebagai respon ketika menghadapi situasi tertentu. Umumnya respon perasaan sedih yang muncul disebabkan kehilangan atau sesuatu yang tidak diharapkan muncul pada situasi tersebut.

Namun ketika rasa sedih muncul tanpa alasan, secara psikologis dapat diartikan sesuatu yang dialami menjadi tidak normal. Bila tidak mendapatkan penanganan yang benar, kesedihan yang sering muncul tanpa alasan ini akan membawa dampak buruk pada kehidupan secara sosial dan kesehatan mentalnya.


Kenali sebab kesedihan sering muncul tanpa alasan


1. Depresi
Membiarkan depresi berkepanjangan tanpa  melakukan penyelesaian untuk "mendamaikan" tekanan adalah tindakan yang kurang bijaksana. Orang lain mungkin tidak dapat melihat anda mengalami depresi, sehingga terlihat baik-baik saja. Depresi berat yang terus berkelanjutan dan tidak mendapat bantuan tenaga ahli membawa dampak pada perubahan cepat marah, napsu makan rendah, cepat lelah dan tidak memiliki harapan hidup.

2. Trauma
Kenangan buruk yang pernah dialami akan menimbulkan trauma yang mendalam. Jika faktor pencetus trauma dirasakan secara sadar, perasaan sedih tanpa alasan seringkali dapat muncul.

3. Organic brain syndrome
Organic Brain Syndrome (OBS) adalah gangguan fisik sebagai pencetus kesedihan tanpa alasan muncul. Beberapa penurunan fungsi mental secara umum diderita orang lanjut usia. Beberapa gejala yang mudah terlihat seperti kebingungan, agitasi dan demensia.

4. Gangguan cemas menyeluruh (Generalized Anxiety Disorder, GAD) 
 Gangguan cemas menyeluruh (Generalized Anxiety Disorder, GAD) merupakan kondisi gangguan yang ditandai dengan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan dan tidak rasional bahkan terkadang tidak realistis terhadap berbagai peristiwa kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dialami hampir sepanjang hari, berlangsung sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Kecemasan yang dirasakan sulit untuk dikendalikan dan berhubungan dengan gejala-gejala somatik seperti ketegangan otot, iritabilitas, kesulitan tidur, dan kegelisahan sehingga menyebabkan penderitaan yang jelas dan gangguan yang bermakna dalam fungsi sosial dan pekerjaan.

Mengatasi kesedihan tanpa alasan tidak dapat dilakukan seseorang diri, jika dibiarkan tanpa penyelesaian, akan membawa dampak buruk pada penderita. Untuk mengatasi kesedihan tanpa alasan memerlukan konsultasi dan pengobatan untuk mengatasinya, seperti psikolog dan dokter saraf merupakan cara yang tepat untuk melakukan penanganan penyakit ini.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tenaga ahli untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar