Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 16 Mei 2018

Kebiasaan yang salah ketika membunuh kecoak, perlu kita tahu (1)

Kecoak yang memiliki nama lain lipas dan coro, sering kita dilihat dan sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Tidak jarang, serangga kecoak membuat rasa jijik di kalangan perempuan. Serangga yang terdiri kurang lebih  3.500 juga diketahui memiliki 6 famili dan hampir ada di seluruh penjuru dunia terkecuali wilayah kutub.

Kecoak sebagai hewan serangga yang mendiami tempat kotor, umumnya akan muncul pada situasi tertentu. Lorong yang dipenuhi sampah makanan, selokan got yang kotor, area wc yang jorok dan tempat yang menimbulkan aroma tidak sedap serta kotor.

Saat Bunda melihat serangga kecoak, meskipun terkadang punya keinginan secepatnya mengusir atau membunuhnya, sebaiknya Bunda menggunakan cara yang benar. Cara yang salah ketika membunuh kecoa, selain akan menyaksikan hal menjijikkan saat isi perutnya keluar, hal ini memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kecoak sebagai jalur yang diyakini membawa penyakit yang menyebabkan mikro-organisme usus parasit, bakteri, jamur dan virus.


Dikutif hindawi.com yang melakukan penelitian potensi germanica kecoa Jerman Blattella dalam transmisi mekanis parasit usus dan pentingnya kesehatan masyarakat. Total 2010 kecoa dikumpulkan dari 404 rumah tangga di kota Jimma, barat daya Ethiopia. Semua kecoa dikumpulkan diidentifikasi sebagai spesies B. germanica. Isi dari usus dan bagian eksternal tubuh mereka diperiksa untuk membuktikan kehadiran parasit usus. Secara keseluruhan, 152 (75.6%) dari kumpulan 210 ditemukan setidaknya satu jenis parasit usus manusia.

Selain itu, parasit yang juga terisolasi dari permukaan eksternal 22 (10,95%) dari kumpulan. Ada perbedaan studi yang signifikan dalam antara tingkat parasit kecoa. Kesimpulannya, B. germanica ditemukan parasit usus yang berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Karenanya, kesadaran peran potensial kecoa dalam transmisi parasit usus manusia perlu dibuat. Selain itu, lebih lanjut identifikasi cacing Strongyloides-seperti diperlukan menggunakan diagnostik molekuler.

kecoa dewasa memiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makanan selama beberapa minggu. Mereka memiliki kemampuan untuk berkembang biak sepanjang tahun dalam kondisi lingkungan yang normal.

Ada banyak cara yang biasanya orang lakukan untuk menghindari kecoak ini, umumnya ada yang menggunakan air untuk menyiram supaya menghilang, mengambil alat untuk mengusirnya, memukul kecoa, dan menggunakan cairan anti kecoa untuk disemprotkan.

Apakah Bunda tahu, bahwa memukul kecoak adalah cara yang salah. Terlebih saat binatang ini mati dengan isi perutnya yang keluar menempel di lantai atau tembok. Kecoak identik dengan kebersihan. Kebiasaan makan dan bersarang mereka dapat mengumpulkan berbagai organisme patogen yang mereka transmisikan ke makanan dan permukaan di mana pun mereka merangkak.

Penularan terjadi secara tidak langsung, dari konsumsi atau kontak dengan barang-barang yang telah terkontaminasi oleh kecoak. Gejala manusia, yang biasanya menunjukkan setelah infeksi 12 hingga 72 jam setelah terjadi penularan , termasuk diare, demam, dan muntah. Pemulihan biasanya terjadi setelah empat hingga tujuh hari, dengan sedikit atau tidak memerlukan perawatan medis, selain menganti cairan yang terbuang.

Jenis dan penyakit yang di timbulkan serangga kecoa


Demam tifoid
Demam tifoid adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan merupakan penyakit yang sangat menular. Kecoak dengan tumpukan penyakit dengan mengkonsumsi kotoran yang terkontaminasi dengan bakteri.

Menurut UK National Health Services (NHS) Demam tifoid paling umum di negara berkembang, di mana sanitasi yang buruk dan akses terbatas ke air bersih. Anak-anak dan orang tua dianggap paling berisiko karena negara-negara mereka yang belum fokus pada kesehatan.

Gejala demam tifoid yang dirasakan oleh manusia antara lain:

Suhu tinggi
Sakit kepala dan otot
Sembelit atau diare
Kelelahan
Sakit perut

Anda harus mencari pertolongan dari pihak medis, jika Bunda melihat keluarga mengalami salah satu gejala demam tifoid. Dengan pengobatan, penyakit ini akan cepat membaik dalam tiga hingga lima hari. Jika tidak diobati, komplikasi serius dapat berkembang.


Kolera
Kolera adalah infeksi diare akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Ini paling umum di negara berkembang dan wilayah yang tidak memiliki kebersihan lingkungan yang sehat. Infeksi terjadi melalui konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan bakteri. Jika terkena bakteri, kecoak dapat menyebarkan organisme melalui kotoran dan muntahannya, mencemari lantai dan makanan.

Para peneliti dari World Health Organization memperkirakan bahwa di seluruh dunia ada sekitar 1,4 juta hingga 4,3 juta kasus kolera per tahun yang mengakibatkan 28.000 hingga 142.000 kematian.

Sekitar 80% orang yang terinfeksi kolera tidak mengalami gejala apa pun, meskipun bakteri tersebut ada dalam faeces mereka selama 1-10 hari setelah terinfeksi. Di antara persentase kecil yang mengembangkan gejala, 80% memiliki gejala ringan sampai sedang dengan sekitar 20% mengembangkan diare akut yang mengakibatkan dehidrasi berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar