Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 21 Mei 2018

Fakta Kanker Kulit Melanoma Yang Menyebabkan Meninggalnya Menantu Hatta Rajasa

Kanker kulit melanoma yang diduga penyebab meninggalnya menantu Hatta Rajasa merupakan tipe kanker yang bertumbuh di bagian melanosit. Tugas melanosit adalah sel untuk melakukan produksi melanin, pigmen gelap untuk warna rambut dan kulit.
sumber : layanankesehatan.com

Sebagai kanker kulit yang sangat berbahaya, kasus melanoma sangat jarang terjadi pada manusia.


Penyebab Kanker Kulit Melanoma


Penyebab utama yang menjadi sumber penyakit kanker kulit melanoma adalah pengaruh sinar utraviolet yang  mempengaruhi permukaan kulit.

Matahari sebagai pusat tata surya memberikan sinar utraviolet. Sinar matahari punya manfaat membantu penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh sehingga menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Berjemur pada pagi hari, sinar matahari membantu mengubah kolesterol yang tersimpan dalam kulit menjadi vitamin D. Lima menit berjemur saat pagi, kita telah mendapatkan 400 unit vitamin D. Namun tidak semua pancaran sinar utraviolet matahari seluruhnya memberi manfaat untuk manusia.

Gejala Kanker Kulit Melanoma


Gejala yang sering dirasakan penderita kanker kulit melanoma ketika munculnya tahi lalat baru yang berbeda jika kita bandingkan dengan tahi lalat normal. Perbedaan tahi lalat yang dihasilkan kanker kulit melanoma antaranya lain warnanya lebih dari satu dan terasa gatal.

Bentuk tahi lalat yang cenderung tidak beraturan dan berdiameter lebih besar dari 6 mm, terkadang dapat membuat berdarah.

Kanker kulit melanoma yang tergolong penyakit jenis langka, dapat menyerang siapapun. Namun usia anak memiliki kecenderungan lebih tinggi di banding orang dewasa.

Dikutip laman hellosehat.com yang mengatakan " anak dengan ciri ciri kulit putih dan berwarna terang, mempunyai kecenderungan resiko melanoma tinggi."

Pencegah Kanker Kulit Melanoma


Penyakit langka melanova dapat dicegah sedini mungkin dengan menggurangi paparan yang didapat ketika berada di luar rumah. Dengan cara pemakaian tabir surya kadar terkecil minimal SPF 15, resiko terkena melanoma dapat dikurangi secara signifikan hingga 50 persen.

Tips Seputar Kanker Kulit Melanoma


1. Gunakan tabir surya untuk mencegah paparan sinar UV berbahaya.
2. Perlengkapan topi, kacamata anti utra violet 100 persen dan warna pakaian gelap merupakan pilihan terbaik untuk digunakan.

Radiasi sinar utraviolet sebagai penyebab Kanker kulit melanoma lebih mudah memasuki baju warna putih dibandingkan pakaian warna hitam. Hal ini sering terlihat dari warna pakaian penduduk gurun sejak jaman kuno, warna hitam dominan digunakan sebagai jubah.

sumber :
alodokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar