Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 18 Mei 2018

Cara Tepat Memberi ASI Untuk Buah Hati

Sebelum masuk dalam tulisan yang lebih dalam, penulis mengucapkan "Selamat atas kelahiran putra / putri". Jika bunda sedang bersiap untuk menjadi calon ibu, " Semoga kehamilannya lancar". Menjadi keluarga yang bahagia tentunya akan semakin lengkap jika dikaruniakan anak. Dengan ketelitian dan kesabaran yang diberikan bunda untuk buah hati, saat melihat anak bertumbuh sehat dan sesuai harapan, tentunya sudah memberikan kebahagian tersendiri untuk semua yang telah di alami seorang ibu.

Cara Tepat Memberi ASI Untuk Buah Hati


Memberikan ASI untuk bayi diyakini adalah cara yang paling baik sebagai sumber nutrisi. Manfaat yang diberikan pada bayi selain meningkatkan kesehatan dan tahap perkembangannya, nutrisi terbaik ASI juga meningkatkan status kesehatan ibu yang menyusui.

Manfaat Menyusui Untuk Ibu


1. Menjaga kesehatan jantung

Pemberian ASI yang dilakukan ibu kepada buah hati mampu menurunkan kadar kolesterol trigliserida. Trigliserida yang mengalami peningkatan karena perubahan pola makan dan berakibat pada kenaikan badan selama kehamilan.

Dalam studi tahun 2010 yang merilis hasilnya menunjukkan seorang ibu yang memberikan ASI pada bayi memiliki resiko lebih rendah mengalami penyakit kardiovaskuler. Studi ini juga memberikan keterangan bahwa ibu yang tidak menyusui lebih dari tiga bulan memiliki resiko yang lebih tinggi.

Ibu yang memberikan susu kepada bayi memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi, hal ini disebabkan hormon oksitosin yang berperan mengendalikan stress sehingga menurunkan tekanan darah.

2. Membakar lemak

Selama masa kehamilan hingga proses kelahiran anak, ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan dari sebelumnya. Simpanan makanan dalam tubuh ibu yang belum digunakan oleh bayi saat kehamilan akan membentuk lemak. Melakukan proses menyusui untuk bayi, lemak yang tersimpan dalam tubuh mengalami pengurangan sekitar 480 kalori lewat pembakaran alami selama menyusui. 

Dikutif laman ncbi.nlm.gov menyebutkan, ibu yang menyusui mengalami pengurangan lemak dan membantu menurunkan berat badan yang lebih banyak jika dibandingkan ibu yang memberikan susu formula kepada bayi. Lemak yang tersimpan di wilayah perut sebagai sindrom metabolik dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes pada perempuan, terutama memasuki usia menopause.

3. Menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium

Manfaat menyusui pada bayi selain berguna untuk tumbuh kembang buah hati, perlindungan dari kanker payudara yang dialami ibu berkurang, banyak penelitian yang menyebutkan penyakit kanker payudara yang bersifat diturunkan dalam keluarga juga mengalami penurunan risiko ketika seorang wanita menyusui.

Proses menyusui diketahui dapat menurunkan dua jenis kanker, yaitu kanker payudara dan kanker ovarium. 

Manfaat ASI Untuk Bayi


1. Sistem imunitas

ASI yang didapatkan bayi memacu maturitas sistem imun tubuh, konsumsi ASI selain membantu tubuh bayi menghasilkan respons vaksinasi menangkal berbagai macam risiko penyakit.

2. Jantung dan sistem sirkulasi

Bayi ASI memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah ketika dewasa. Denyut jantung bayi yang mengonsumsi ASI juga dikatakan lebih lambat dan terkontrol.

3. Ginjal

ASI lebih aman untuk kesehatan ginjal bayi karena mengandung lebih sedikit kadar garam dan protein. Kesehatan ginjal dan sistem eksresi bayi juga lebih terjaga.

4. Mulut

Perkembangan otot wajah bayi ketika mengkonsumsi ASI secara teratur, secara tidak langsung memberikan latihan pada otot bagian wajah dengan manfaat positif. Bayi yang mendapatkan susu dengan ASI lebih dari satu tahun lebih jarang mengalami masalah pada mulut dan gigi, termasuk juga lebih jarang memerlukan penanganan ortodontik. 


Cara Menyusui Bayi


Memberikan ASI adalah peristiwa yang menyenangkan dan momen terpenting bersama bayi. Kemampuan dan kasih sayang ibu ketika memberikan isyarat yang tepat, bayi secara reflek akan menghisap untuk mendapatkan gizi terbaiknya.

Menggendong dengan cinta dan menempelkan buah hati di dada, bunda dapat mengatur posisi yang sesuai dan tepat bagi bayi. Posisi yang baik selain membantu bayi mendapatkan susu dengan benar, posisi yang pas menjadi kunci penting untuk bayi mendapatkan ASI yang nyaman.


Beri kode saat bayi berada di payudara, jika bunda sudah melakukan persiapan, gunakan puting susu ke bagian mulut bayi secara perlahan. Bayi akan memberikan respon membuka mulut, lakukan perlahan mendorong puting susu ke mulut terbuka lebar.

Menyusui bayi yang baik disarankan bunda menggendong, jangan menyodorkan payudara pada posisi bayi di tempat tidur. Pastikan dagu dan rahang bawahnya menyentuh payudara terlebih dahulu. Pastikan perut bayi menempel saat dalam gendongan untuk kenyamanan saat menyusui.

Ketika proses pemberian ASI berlangsung, bunda dapat mengajak bicara dengan lembut atau menyanyikan lagu untuk menghangatkan suasana. Bayi yang berada dalam kandungan bunda sudah familiar ketika masih di dalam rahim. Bernyanyi, bersenandung dan mengobrol dengan si kecil selain membuat bayi nyaman, yang bunda lakukan akan menciptakan ikatan batin yang dalam bersamanya.


Masa menyusui yang dilakukan bunda untuk bayi adalah saat yang cepat mengalami lapar terkadang cepat haus. Bunda dapat makan yang mempunyai kandungan tinggi protein dan nutrisi.


Refeensi:
babycenter.com
womenshealth.gov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar