Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 29 Mei 2018

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat

Banyak cara mudah untuk mengeluarkan dahak secara alami dan cepat, dengan bantuan bahan yang ada disekitar kita, obat alami ini juga sering dikenal sebagai rempah dan bumbu dapur.

Munculnya dahak di dalam tenggorokan dapat disebabkan karena beberapa sumber, seperti makanan yang menjadi lendir dahak antaranya susu, yogurt, mentega, keju dan produk yang menggunakan bahan kedelai.

Mengutip keterangan Phillip Song, laryngologist di Massachusetts Eye and Ear Infirmary,Boston mengatakan, serbuk berbentuk sari dan jamur memicu serta menyebabkan hidung sampai tenggorokan menjadi gatal. Inilah yang membuat orang terdorong untuk membersihkan tenggorokan dengan membuang lendir.

Pendapat lain yang menguatkan kesehatan ketika mengeluarkan dahak, para ahli lain mengungkapkan tentang kebiasaan membersihkan tenggorokan penyebab muncul gerakan secara refleks seseorang ketika penumpukan dahak akibat stres.

"Penyakit tenggorokan dan mengakibatkan dahak terjadi kalangan pengusaha muda, perawat orang sakit, atau siapa pun yang hidup dengan tekanan," kata Dr Adam Frosh, Konsultan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) di Lister Hospital, Hertfordshire, yang dikutip dari Daily Mail.

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat


Solusi ketika dahak yang sudah terasa menganggu, sebenarnya cukup mudah dikeluarkan dengan rempah dan bahan di sekitar kita. Berikut ini cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan secara alami dan cepat, tanpa menggunakan obat.

1. Madu dan Jahe
Dikenal sebagai bumbu dapur dan tanaman obat, jahe dikenal sebagai rempah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Zat kesehatan jahe dari hasil penelitian dapat menurunkan gejala flu dan batuk, serta membuat rileks sistem pernafasan. Cara membuat madu dan jahe menjadi ramuan untuk menghilangkan dahak, dengan menggunakan 100 gram jahe segar yang sudah bersih dari kulit, kemudian ditumbuk atau di parut dengan 2 sendok makan madu. Lalu Anda dapat memasukkan bahan- bahan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Kemudian seduh 2 sendok makan ramuan tadi dengan air hangat dan konsumsi sebanyak dua kali sehari dalam waktu tiga hari dan lihat perubahannya.

2. Lada
Kemampuan lada sebagai obat alami mengalahkan dahak sangat ampuh. Rempah yang secara alami memiliki kandungan meluruhkan dahak dapat dimanfaatkan dengan mencampurkan ½ sendok teh lada putih dengan 1 sendok makan madu. Kemudian masukkan ramuan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Seduh ramuan tersebut dengan menggunakan air hangat dan konsumsi sebanyak 3x sehari. Ramuan ini juga dapat ditambah dengan madu atau lemon dan sedikit garam.

3. Bawang dan lemon
Cara sehat dan alami untuk menghilangkan dahak adalah bawang yang dicampur dengan lemon. Pertama kupas dan pisahkan bawang dengan kulitnya, kemudian masukkan bawang bersih dalam juicer. Kemudian dilanjutkan dengan memeras lemon ke dalam ramuan daun bawang tersebut. Lalu tuangkan secangkir air mendidih ke dalam ramuan tersebut dan diamkan selama 2 hingga 3 menit. Setelah suhunya cukup mendingin, tambahkan 1 sendok teh madu dan minumlah ramuan tersebut 3x sehari sehingga dahaknya menghilang.

4. Anggur
Buah anggur merupakan buah yang baik untuk mengeluarkan dahak, karena mengandung jumlah tinggi proanthocyanidins dan antioksidan kuat yang membersihkan paru-paru dari lendir. Kemampuan alami anggur dalam menghilangkan dahak membandel, seringkali menjadi bahan dasar obat batuk yang dijual bebas.

Berdasarkan penelitian tentang anggur sebagai bahan kesehatan, dikatakan mampu menjadi ekspektoran alami dengan kemampuan sangat baik untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit pernafasan, termasuk juga hidung dan tenggorokan yang tersumbat dahak. Ramuan dari anggur ini dapat dibuat dengan cara mengubah anggur menjadi jus, kemudian ditambahkan 2 sendok makan madu. Anda dapat mengkonsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali seminggu.

5. Lemon Tea
Penggunaan lemon tea sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan dahak sangat mudah. Sebagai cara alami untuk menghilangkan dahak dengan asam sitratnya, lemon tea banyak digunakan menjadi ramuan tradisional dan pelengkap jus. Zat asam sitrat yang terdapat dalam buah lemon, dalam penelitian mengungkapkan mampu menjadi antiseptik alami menghilangkan dahak di tenggorokan. Cara menggunakan pun cukup mudah, ramuan asam sitrat dicampur dengan teh hangat tanpa gula atau menggunakan pemanis berbahan madu.

5. Air Garam
Mungkin terlihat aneh air garam punya manfaat mengeluarkan dahak secara alami ? Faktanya, berkumur dengan air garam merupakan cara alami yang tradisional dapat mengatasi masalah mulut dan menghilangkan dahak secara cepat. Sebuah penelitian di the Mayo Clinic, yang melibatkan 400 orang secara acak selama musim batuk dan pilek, menemukan bahwa berkumur dengan air garam sebanyak tiga kali sehari bisa mengurangi infeksi pernafasan hingga lebih dari 40 persen. Tidak hanya untuk yang sehat saja, mereka yang sudah terkena batuk-pilek juga mengalami tingkat pengurangan infeksi yang sama.

Cara membuat ramuan tradisional garam sebagai obat pengusir dahak, cukup dengan mencampurkan satu sendok makan garam dengan segelas air hangat lalu digunakan untuk berkumur. Kemudian miringkan kepala hingga air garam tersebut sampai ke ujung tenggorokan. Jika ingin mendapat manfaat lebih besar untuk kesehatan, disarankan menambahkan satu sendok makan kunyit pada ramuan ini.

6. Telur Ayam Kampung
Konsumsi telur ayam kampung untuk kesehatan sudah lama terbukti dan digunakan masyarakat Indonesia. Selain membantu menghilangkan kuman dalam tubuh, telur ayam kampung juga dapat dijadikan obat mengeluarkan dahak secara alami dan cepat. Cara penggunaan yang cukup mudah, siapkan telur ayam kampung dan madu dengan menambahkan  madu secukupnya, dan ¼ gelas air mendidih, kemudian aduk rata, minum selagi hangat. Ramuan teluar ayam kampung dapat dikonsumsi setiap hari 2x sehari (pagi dan sore).

7. Menggunakan Uap
Mengeluarkan dahak secara alami dapat menggunakan uap air panas. Penggunaan yang mudah ketika melakukannya di rumah, uap air panas dapat menggunakan rebusan rempah seperti cengkeh, kunyit, jahe, dan kencur.

8. Permen Pelega Tenggorokan
Permen pelega tenggorokan merupakan upaya pencegahan jika anda sulit mendapatkan bahan alami lain untuk mengusir dahak. Dengan bahan yang dibuat untuk melegakan tenggorokan dan menghilangkan penyebab gatal secara alami, permen pelega tenggorokan juga mengandung ekspektoran yang mampu memecah dahak untuk keluar dari tenggorokan.

9. Makanan pedas
Makanan pedas sangat baik untuk menghilangkan dahak yang membandel. Zat dekongestan yang dimiliki cabe selain akan memaksa hidung mengeluarkan ingus dan juga membantu melonggarkan saluran tenggorokan akibat dahak.

Cara mudah mengeluarkan dahak secara alami dan cepat, sebetulnya masih banyak dan lebih sehat dengan menggunakan bahan yang mudah kita temukan. Bagaimana pendapat anda ?

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar