Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 31 Mei 2018

Cara Mudah Agar Haid Lancar Dengan Makanan Sehat dan Alami

Mendapat haid yang lancar adalah harapan banyak wanita saat mengalaminya. Durasi waktu yang berbeda-beda ketika menstruasi, untuk waktu siklus ini sendiri sekitar 21 hingga 35 hari secara rata-rata.

Gangguan haid yang tidak lancar yang sering terjadi masing-masing wanita, selain disebabkan faktor internal yang dialami seperti stres dan usia, faktor eksternal pun memiliki peranan penting untuk membuat menstruasi menjadi lancar, diantaranya konsumsi makanan. Beberapa makanan sehat dan alami yang memperlancar haid, seperti :

Cara Mudah Agar Haid Lancar Dengan Makanan Sehat dan Alami




1. Asam jawa
Asam jawa adalah jenis bumbu dapur yang banyak digunakan wanita untuk meluruhkan dan memperlancar menstruasi. Manfaatnya adalah merangsang dinding rahim sel telur dengan ciri khas asamnya.

2. Cuka apel
Ramuan cuka apel memiliki banyak manfaat kesehatan yang cukup besar ketika digunakan. Kegunaan cuka apel ini pun dapat memperlancar gangguan menstruasi. Namun ramuan ini tidak disarankan untuk  ibu hamil dan dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

3. Mangga
Buah mangga diketahui memiliki komposisi yang baik dengan kandungan serat untuk mempermudah masa haid. Beberapa buah lain seperti pepaya, punya kemiripan yang sama selain melancarkan pencernaan juga membantu melancarkan haid.

4. Wijen
Dengan kandungan lignan yang terdapat di dalam biji wijen, makanan ini diketahui juga memiliki nutrisi untuk memperlancar haid anda. Biasanya wijen digunakan sebagai pelengkap makanan onde-onde.

5. Sayuran hijau
Kebiasaan makanan sehat dengan sayur-sayuran hijau, memiliki manfaat besar bagi tubuh untuk memperlancar pencernaan dan gangguan menstruasi pada wanita. Siklus yang terjadi selama menstruasi dengan kehilangan darah dan gangguan penyakit anemia.

6. Kacang-kacangan
Cara mudah agar haid lancar dengan makanan alami adalah kacang-kacangan. Dengan kandungan Omega 3,  makanan ini mempermudah haid.

7. Daging merah
Makanan dengan komposisi zat besi dan lemak, konsumsi daging merah dapat mencegah resiko  anemia dan membuat tubuh tetap bugar dan menghindari kelelahan, Daging merah satu sumber makanan protein ketika wanita mengalami gangguan masa haid. Pilihlah daging merah yang memiliki sedikit lemak ketika anda akan memakannya, untuk menjaga berat badan stabil dan menghidari resiko kolesterol.

8. Brokoli
Jenis sayuran brokoli diketahui memiliki kandungan folat dan vitamin B yang mampu mencegah  kerusakan sel-sel tubuh dan tekanan darah dalam tubuh.

9. Salmon
Memperlancar siklus haid dengan konsumsi ikan salmon efektif  dikarenakan kaya kalsium. Jenis makanan dengan asam lemak omega-3 yang meningkatkan fungsi otak dari penyakit Alzheimer, manfaat lain dari salmon adalah dapat menurunkan stres dan depresi.

10. Ikan
Ikan sebagai lauk untuk makanan sangat kaya dengan protein tinggi dan zat besi, akan membantu dalam proses ketika menghadapi masa haid.  Kehilangan banyak darah saat menstruasi dan gejala anemia, konsumsi ikan juga diketahui membantu proses pembentukan sel darah dan anti-inflamasi melalui asam lemak omega-3.

11. Almond
Buah almond telah dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam dunia kecantikan wanita. Buah yang berasal dari  Timur Tengah dengan 26% karbohidrat dan 12% serat ini, menjadi makanan favorit untuk diet yang menyehatkan. Beberapa orang sering menyangka almond adalah jenis biji-bijian, namun sebenarnya almond adalah jenis buah yang memiliki kulit luar yang keras. Dengan protein yang tinggi, buah almond mampu membantu sel darah merah agar siklus tidak mendapat gangguan.

12. Susu kedelai dan yogurt
Menstruasi yang tidak teratur menjadi problem yang cukup menganggu wanita. Konsumsi susu kedelai dan yogurt yang memiliki serat dan asam lemak essensial serta kalsium, menjadi cara yang mudah untuk memperlancar haid.

13. Telur
Komposisi telur yang cukup lengkap dengan nutrisi padat, kandungan makanan ini memiliki 9% kalsium dan zat besi pada bagian kuning. Dari penelitian yang mengungkapkan, sebutir telur memiliki 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial.

14. Pisang
Makanan yang banyak ditemui ini, pisang memiliki kalori yang cukup banyak, dengan 105 kalori tiap satu pisang. Buah pisang juga menjadi sumber potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C dan B6. Manfaat buah pisang dapat meredakan nyeri haid dan mengatur pergerakan usus menjadi lebih baik. Pisang juga dapat mengatur suasana hati saat menstruasi dan mengatasi tubuh agar tidak mudah lelah.

15. Buah apel
Mengatasi nyeri haid dan meningkatkan nafsu makan selama masa menstruasi, buah apel  diketahui sebagai buah yang kaya dengan beragam vitamin. Beberapa vitamin dan mineral yang dimiliki buah ini seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Buah apel pun memiliki kandungan mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc.

16. Buah Pepaya
Pepaya adalah makanan yang tinggi serat untuk mengikat zat racun penyebab kanker dalam usus besar. Manfaat makan pepaya  selain mengatur siklus menstruasi berjalan normal, kelebihan lain buah ini memudahkan mereka mengatasi gangguan buang air besar. Dari penelitian menyebutkan, pepaya memiliki kandungan  Folat, vitamin A, B, C, beta karoten, dan vitamin E

17. Alpukat
Buah alpukat membantu meningkatkan kesuburan dan memperlancar menstruasi secara teratur. Kandungan yang dimiliki alpukat antara lain vitamin, lemak tak jenuh, dan serat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menormalkan tekanan darah.

18. Stroberi dan keluarga
Keluarga buah stroberi mampu meredakan nyeri haid yang sering dialami wanita ketika haid. Raspberry, cranberry, stroberi, blueberry juga dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mengurangi sakit akibat menstruasi dengan komposisi :
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B52%
  • Vitamin B6 (Pyridoxine)
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium (Kalium)
  • Sodium
  • Seng (Zinc)
19. Pir
Buah pir punya peranan besar dalam sistem kekebalan untuk mencegah kanker dan menyembuhkan luka. Ketika haid tidak lancar dan mengalami nyeri, konsumsi buah-buah yang mengandung banyak air sangat disarankan. Beberapa buah yang kadar air tinggi seperti apel, semangka, pir dan lainnya dibutuhkan sebagai penyeimbang dalam tubuh.

20. Beras merah
Cara memperlancar haid dapat menggunakan beras merah. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi dan tingkat kalori yang rendah, makanan ini juga digunakan untuk penderita diabetes dan jantung..

21. Jagung dan makanan karbohidrat tinggi
Konsumsi jagung, kentang, umbi, sagu dan makanan yang kaya karbohidrat memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Selain kaya akan serat, makanan sumber karbohidrat kompleks tleah memiliki beberapa vitamin, kalium dan zat besi untuk menurunkan kolesterol.

22. Sayur-sayuran hijau
Ada banyak sayur-sayuran hijau yang dapat digunakan untuk mempermudah agar haid lancar. Dengan kandungan vitamin cukup lengkap, mineral, zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor, sayuran hijau sering digunakan untuk proses penyembuhan pasien di rumah sakit.

Cara mudah untuk melancarkan haid sangat dipengaruhi banyak faktor, salah satunya konsumsi yang dimakan untuk mengatasi rasa nyeri saat menstruasi dan juga mempercepat proses siklus haid dengan membantu pembentuk sel darah.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar