Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 11 Mei 2018

Cara Mengobati dan Menyembuhkan Flu Pilek dengan Aman

Cara Mengobati Dan Menyembuhkan Flu Pilek Dengan Aman Dan Cepat
Penyakit flu, pilek dan hidung tersumbat sering dialami kita saat kondisi stress, kekurangan vitamin dan masalah tertentu sehingga memicu muncul penyakit ini. Namun tahukah anda, kebanyakan orang yang mengalami penyakit flu, pilek dan hidung tersumbat dapat sembuh dengan sendiri untuk masa waktu sekitar 2 - 3 minggu. Dan beberapa tulisan dibawah ini akan mengobati dan menyembuhkan lebih cepat dan aman.

Pilek yang biasa disebut Selesma adalah virus yang menginfeksi bagian hidung dan tenggorokan penderita. Perbedaan antara flu dengan pilek, penyakit pilek cenderung dari berbagai jenis virus.

Penyakit yang biasanya tidak berbahaya ini, seringkali datang disaat calon tidak menyadari kondisi fisiknya yang kurang istirahat atau stress. Umumnya penderita flu dan pilek merasakan saat bangun dari tidur dengan merasakan sakit tenggorokan. Kemudian datang batuk, flu, dan pilek.

Penderita tidak ada menyangkal hal itu akan datang sampai penderita menyadari tiba tiba saja sedang sakit. Tetapi anda dapat menemukan cara mengobati dan menyembuhkan flu pilek lebih cepat dengan aman dan cepat.


Berikut Cara Mengobati Dan Menyembuhkan Flu Pilek Dengan Aman Dan Cepat



1. Istirahat penuh dari kegiatan rutinitas ketika Flu Pilek datang


Tahukah anda, sikap untuk santai dan beristirahat secara penuh dari aktivitas dan rutinitas, salah satu cara yang efektif untuk menyembuhkan flu dan pilek dengan aman dan cepat. Ketika terjadi infeksi dan serangan penyakit ini datang menyebabkan sakit, tubuh anda bekerja keras untuk melawan infeksi.

Dibutuhkan lebih banyak energi daripada biasanya saat tubuh anda melawan infeksi. Memikirkan istirahat sebagai prioritas utama dan menghentikan penggunaan energi yang besar, anda hanya perlu tinggal di rumah untuk berlibur dari kerja atau sekolah, dan menahan rutinitas harian sampai merasa lebih baik.
Cara Mengobati Dan Menyembuhkan Flu Pilek Dengan tidur
Pergi dan lakukan tidur sehingga fisik merasa segar. Mengutip Independent, penelitian National Sleep Foundation (NSF) yang melibatkan 18 ilmuwan medis dan meneliti lebih dari 300 manusia tentang tidur ideal. Setiap usia manusia memiliki waktu tidur yang berbeda untuk kategori ideal. Beberapa hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut, waktu tidur tercepat ideal pun minimal adalah 8 jam.

Jumlah waktu tidur yang ideal sebagai berikut:

  • Bayi yang baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari 
  • Bayi (4-11 bulan): 12 – 15 jam per hari
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari
  • Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari 
  • Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari 
  • Remaja (14-17): 8-10 jam per hari
  • Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari
  • Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari
  • Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

2. Minum untuk menganti cairan yang hilang

Penyakit flu dan pilek biasanya datang melakukan infeksi yang memberi efek pada sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Infeksi ringan yang terdapat pada bagian hidung, saluran sinus tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas ini dapat dialami siapa saja, dari anak kecil hingga dewasa. Semakin banyak cairan yang keluar berbentuk lendir dari hidung akan memberi beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti sakit kepala dan kelelahan yang menyebabkan dehidrasi.
Cara Mengobati Dan Menyembuhkan Flu Pilek Dengan Minum
Jadi anda harus menyiapkan beberapa air minum dalam botol kaca di dekat anda dan mengisi kembali ketika kosong. Tidak di anjurkan meminum minuman yang mengandung soda, kopi, dan alkohol, karena minuman ini dapat beresiko fatal ketika anda menggunakan obat yang diberikan dokter.


3. Berkumur dengan air asin

Saat lendir berkumpul pada satu titik, ini sesuatu yang menyebalkan. Anda dapat menggunakan cara tradisional, yakni air asin. Air asin adalah cara yang baik untuk mengalahkan lendir karena air asin melonggarkan lendir. Caranya Aduk satu-seperempat untuk satu setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai terlarut, dan gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari. 

Manfaat dan kegunaan berkumur menggunakan air asin antara lain : 
  1. Mengatasi sementara penyakit radang tenggorokan
  2. Meringankan masalah pada bagian hidung
  3. Mengatasi masalah bau mulut (halitosis)
  4. Meringankan peradangan gusi (gingivitis)
  5. Mengatasi masalah di lidah.

4. Minum minuman air panas

Minum minuman air panas yang menemani kita saat sakit cukup memberi banyak arti pada penyakit flu dan pilek. Penelitian menunjukkan bahwa panas juga dapat meringankan gejala dingin seperti sakit tenggorokan dan akibat kelelahan. Cobalah menyeruput teh herbal non-kafein, air jeruk nipis atau kaldu yang hangat, lakukan dengan perlahan dan santai agar anda tidak kaget.

Cara Mengobati Dan Menyembuhkan Flu Pilek Dengan Mandi Uap Panas
Kelebihan dan manfaat air panas tidak hanya terjadi ketika ketika kita minum, saat akan membersihkan diri dengan mandi, air panas bekerja mengendurkan dan melonggarkan. Caranya dengan menghisap uap yang dihasilkan. Menghisap dan menghirup uap air panas mampu meredakan rasa gatal yang timbul di tenggorokan dan hidung, dan juga membantu mengendurkan otot-otot sakit apapun.

5. Mengunyah permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan punya kemampuan untuk sakit tenggorokan ketika anda sedang flu dan pilek. Dengan komposisi dan racikan yang memiliki rempah-rempah dan bahan-bahan lain dengan fungsi menenangkan.

Permen pelega tenggorokan dibuat untuk membantu mengatasi rasa sakit pada bagian tenggorokan. Menggunakan bahan bahan untuk membunuh bakteri penyebab rasa sakit yang timbul di dalam tenggorokan. Beberapa manfaat yang kita rasakan dengan mengunyah permen pelega tenggorokan seperti melegakan Tenggorokan, membantu mengatasi radang tenggorokan, mengurangi rasa rakit Tenggorokan yang disebabkan batuk, menghangatkan tenggorokan dan mencegah hidung tersumbat.

Mencegah Penularan Flu dan Pilek pada orang lain

Jika anda atau anggota keluarga sedang sakit flu dan pilek, disarankan kepada penderita untuk menggunakan masker untuk menjaga kuman tidak menyebar luar hingga mengenai anggota keluarga lainnya. Masker selain untuk melindungi kemungkinan virus menyebar lewat udara, kebersihan tangan juga perlu mendapat perhatian ekstra dengan cara selalu sering mencuci tangan dengan bersih.

Jaga dan juga hindari berbagi makanan atau perlengkapan makanan dengan penderita flu dan pilek, karena anda dan anggota keluarga yang terinfeksi flu dan pilek mudah menularkan virus penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar