Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 26 Mei 2018

Cara Membuat Anak Mau Mendengar Perkataan Orang Tua

Menjadi orang tua yang dikaruniai anak, tentu memiliki harapan bahwa apa yang Bunda katakan pada anak mau didengar dan menurut. Namun kadangkala kita sebagai orang tua sering jengkel saat anak mulai banyak membantah dan bertindak semaunya. Bunda dapat melakukan beberapa cara untuk membuat anak mau mendengar perkataan kita, diantaranya :

Cara Membuat Anak Mau Mendengar Perkataan Orang Tua




1. Sikap kasar
Sikap kasar yang sering orang tua Tunjukan saat melihat anak yang tidak menurut, adalah reaksi yang banyak diberikan. Namun anak yang terlalu sering menerima sikap kasar akan membuat psikologis dan pertumbuhan mentalnya mengalami trauma. Cara terbaik agar anak mau mendengar, tanyakan pada anak, mengapa mereka tidak menurut ?

2. Mereka adalah Pribadi Unik
Orang tua seringkali menggunakan cara perbandingan dengan anak orang lain ketika melihat anak sendiri tidak mendengar kata orang tua. Jangan pernah membandingkan anak dengan teman-temannya. Bunda harus memahami bahwa setiap anak berbeda.

3. Solusi
Melarang anak untuk menghentikan yang dikerjakan seringkali dilakukan orang tua tanpa memberikan solusi yang lain. Ada baiknya Bunda juga memberikan kalimat "lebih baik" sebagai tambahan ketika melarang mereka.

4. Bahasa sederhana
Ketika Bunda berbicara dengan anak, gunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak. Jangan gunakan istilah yang berhubungan dengan profesi atau pekerjaan formal, seperti istilah kedokteran, psikologi dan lainnya.

5. Bukti
Anak yang bandel dan tidak mendengar perkataan orang tua, cenderung punya rasa ingin tahu suatu alasan ketika mereka dinasihati.Buda dapat memberikan bukti atau contoh yang akan muncul dari nasihat orang tau.

6. Menjadi pendengar
Menjadi orang tua yang baik adalah memberi perhatian dengan mendengarkan apa yang mereka harapkan. Mendengar keinginan anak merupakan cara yang paling mudah supaya anak menurut. Dengar mendengar, Bunda dapat mengetahui keinginan apa yang sekiranya masih menganjal dihati mereka.

Cara membuat anak mau mendengarkan perkataan orang tua, adalah tergantung kita untuk memberikan perhatian saat mereka mulai bandel dan  berbuat semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar