Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 28 Mei 2018

Bunda Perlu Tahu, Tanda Bayi Sudah Kenyang Saat Makan

Bayi sering memberikan tanda menangis ketika sedang lapar atau hal yang tidak nyaman dirasakannya, namun apakah Bunda juga mengetahui, kapan bayi merasakan kenyang saat menerima makanan ?
 Bayi yang memiliki kemampuan komunikasi belum sempurna, terkadang membuat bingung Bunda untuk mengetahui saat bayi merasa kenyang. Berikut ini tanda yang sering diberikan bayi ketika sudah kenyang.

1. Bayi menutup mulutnya atau menolak makanan yang disodorkan
Jika Bunda mendapat respon bayi yang memberi gerakan memalingkan muka atau menepiskan payudara, botol dan sendok, gerakan bayi ini tanda ia sudah cukup kenyang.
2. Wajah bayi terlihat senang

Ketika Bunda akan menyusui atau memberi makan untuk bayi, perhatikan ekspresi wajahnya. Bayi yang sudah mendapat makanan yang cukup akan memberikan ekspresi senang. Bila bayi masih rewel dan menangis, kemungkinan besar bayi belum merasa kenyang.
3. Tangan yang terbuka
Secara umum tangan bayi selalu mengepal, saat mendapatkan makanan dan merasa kenyang, bayi akan memberi tanda tangan terbuka sebagai isyarat bahasa tubuh.
4. Ritme menyusui melambat
Ketika sedang lapar dan berubah merasa sudah kenyang selama makan, bayi akan memperlambat ritme isapan nya atau juga berhenti.
5. Bayi tertidur
Saat mendapati bayi sedang tertidur selama proses makan, proses tertidur bayi merupakan tanda ia sudah kenyang.
6. Melepaskan pegangan
Tanda lain yang diberikan bayi ketika kenyang, ia akan melepaskan pegangan tangannya pada dot atau tempat makannya.
Memberi makan pada bayi saat lapar, mungkin mudah diketahui oleh Bunda ketika ia menangis. Namun beberapa orang tua seringkali sulit untuk mengetahui kapan saat bayi sudah kenyang, sehingga Bunda dapat menghentikan pemberian makanannya.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar