Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 16 Mei 2018

Bahaya Makanan Yang Fatal Untuk Dimakan, Jika Nekat, Puasa Bisa Terganggu

Bunda... setelah selesai membaca tulisan pertama yang mengupas tentang minuman apa saja yang sebaiknya tidak di konsumsi saat sahur dan berbuka, pada tulisan berikut, sesuai nomor pertama diatas, saya ingin melanjutkan tulisan bersambung ke dua, yakni makanan yang di sarankan tidak di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Jika membaca tulisan yang pertama, mungkin Bunda merasa perbedaan dari gaya tulisan dan cara penulisannya, saya hanya berharap, semoga perbedaan yang Bunda rasakan adalah perbedaan yang lebih baik.

Langsung menuju ke tulisan lanjutan, yang masih membahas tentang menu untuk makanan dan minuman selama menjalani ibadah puasa, baik itu berbuka puasa dan sahur.

Bahaya Makanan Yang Fatal Untuk Dimakan, Jika Nekat, Puasa Bisa Terganggu

Bunda tentunya tahu, makanan yang sering kita sajikan untuk keluarga tercinta, sebagian besar bisa di kelompokan pada cara memasak dan juga penggunaan bumbu serta rempah rempahnya.

Ternyata, selama kita menjalani ibadah puasa, ada beberapa makanan, yang mungkin saja menjadi menu favorit keluarga tidak disarankan untuk dijadikan makanan saat sahur dan berbuka. Apa saja sih makanan tersebut?


1. Makanan yang memiliki kandungan lemak Tinggi

Bunda, tahukah bahwa makanan yang kita masak dengan kandungan lemak tinggi itu tidak disarankan untuk digunakan saat puasa, terutama saat suasana sahur. Makanan lemak tinggi dan menggunakan minyak yang banyak selain dapat mempercepat proses kelelahan, efek lainnya yang muncul dari makanan berlemak tinggi ini adalah menyebabkan lesu, obesitas, muncul jerawat dan tekanan darah tinggi.

Beberapa makanan yang dikategorikan sebagai makanan berminyak dan kandungan lemak tinggi itu diantaranya yang memakai santan, jenis daging daging dengan elemen lemak, berbagai macam jenis camilan yang digoreng atau biasa kita sering sebut gorengan, jeroan dan makanan fastfood atau biasa kita sering bilang makanan cepat saji.
Bahaya Makanan Santan Lemak Tinggi Yang Fatal Untuk Dimakan


Dampak dan akibat yang muncul sebagai resiko ketika kita menyajikan makanan berlemak tinggi pada keluarga tercinta secara berlebihan pada saat sahur dan berbuka antara lain kolesterol tinggi, serangan jantung dan kanker.

Lemak dalam dunianya kedokteran, mereka mengenal dua macam lemak, Bunda. Lemak baik dan lemak jahat. Jadi, tidak semua lemak memberikan efek yang negatif.

2. Makanan Pedas

Wah.. kalau bicara makanan yang pedas, saya kira Bunda pasti sudah mengetahui, kira kira makanan pedas itu seperti apa !

Makanan yang memiliki rasa pedas memang banyak digemari orang Indonesia. Hal ini bisa kita simak dari banyak jenis makanan meja yang sering di hidangkan. Makan makanan pedas selain memberikan sensasi yang unik untuk penggemarnya, ternyata memberikan manfaat juga untuk tubuh kita.

Bagi penggemar makanan pedas yang mungkin belum mengetahuinya, khasiat yang diberikan dari sensasi rasa pedas ini dapat mempercepat metabolisme tubuh, membantu mencegah serangan jantung, untuk pertumbuhan rambut, menurunkan berat badan, dan masih ada manfaat lainnya. Tapi sekarang mari kita kembali ke masalah mengapa makanan pedas justru di larang dan menjadi pantang untuk menu sahur dan berbuka, selama kita berpuasa.
Bahaya Makanan Pedas Yang Fatal Untuk Dimakan Saat Puasa

Makan makanan yang menawarkan citarasa pedas selama bulan puasa, ternyata kurang baik untuk dikonsumsi. Makanan pedas yang kita makan dapat menyebabkan gesekan pada lapisan permukaan lambung, efeknya akan membuat kita merasa mulas. Pada tingkat yang lebih serius, bisa juga menyebabkan luka.

3. Makanan Yang Sangat Manis

Makanan yang sangat manis umumnya menjadi primadona bagi anak anak untuk dikonsumsi. Bunda dapat menerangkan pada anak anak, bahwa makanan yang memiliki kadar gula tinggi kurang baik di makan saat sahur dan berbuka.
Bahaya Makanan Gula Tinggi Yang Fatal Untuk Dimakan

Makanan yang mengandung tingkat gula tinggi ini diantaranya kue kue kering, selai yang sering kita oles ke roti, puding dan coklat.

4. Kangkung

Bunda, tentu sudah mengetahui juga kangkung adalah jenis sayuran yang punya kadar besi yang sangat tinggi, tentunya sangat baik untuk tubuh kita. Kangkung yang dapat di olah menjadi beragam makanan kesukaan keluarga kita, ternyata bukan jenis sayur yang baik untuk di konsumsi saat sahur dan berbuka.

Kangkung seperti yang kita tahu punya banyak zat besi, juga menyimpan zat kapur di dalamnya yang menyebabkan asam urat.

Asam urat adalah merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam darah menjadi indikasi adanya suatu penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Dalam kondisi normal, zat ini umumnya akan dibuang oleh ginjal melalui air seni. Penyakit asam urat biasanya diderita oleh pria diatas usia 40 tahun dan wanita yang sudah mengalami menopause.

Beberapa jenis keluarga sayuran yang punya zat kapur seperti kangkung, bayam, Brokoli, Kol, Lobak, Kubis, Sawi hijau, dan Daun selada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar