Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 25 Mei 2018

Apakah Bunda tahu, Kebiasaan Main Game online Beresiko Pada Anak Cepat Meninggal ?

Teknologi yang kian maju sampai hari ini, ternyata membawa pengaruh yang buruk juga pada kebiasaan anak saat bermain. Bunda mungkin menganggap aktivitas yang lumrah jika kita melihat anak bermain game online di komputer dan smartphone. Namun kebiasaan bermain game online, seringkali membuat anak tanpa sadar duduk berjam-jam memegang smartphone atau mouse di komputer. Tanpa pengawasan Bunda, keseringan anak main game akan berakibat pada kesehatan hingga resiko terburuk meninggal, terlebih jika kedua orang tua semuanya bekerja.

Mengutip laman citizen.co.za yang melaporkan tentang kebiasaan anak saat bermain game, ternyata mampu mendorong pemainnya melakukan bunuh diri, dikabarkan 130 anak di Rusia kehilangan nyawa memainkan game tersebut. Polisi setempat menyebutkan game yang dimainkan anak ini ternyata memanipulasi pikiran pemainnya dibawah sadar.

Beberapa pengaruh yang terjadi ketika anak bermain game online jangka waktu lama :


1. Mata
Bermain game dan pengaruh pada mata merupakan gangguan yang sering dialami gamer saat bermain terlalu lama, radiasi yang muncul dan masuk secara terus menerus akan membuat mata kering dan gangguan serius berkurangnya jarak pandang mata.

2. Wasir atau ambeien
Munculnya penyakit wasir atau ambeien tidak dapat dielakkan lagi. Konsentrasi dan tuntutan untuk fokus pada permainan, seringkali pemain duduk terlalu lama. Keseringan duduk dalam waktu lama menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga lebih banyak tekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Sehingga akhirnya dapat mengalami wasir.

3. Makan dan istirahat menjadi tidak teratur
Terjadinya perubahan pola makan dan istirahat anak yang bermain game terlalu lama. Umumnya untuk mengisi rasa lapar di perut, gamer lebih memilih makanan cepat saji dan praktis tanpa menggunakan dua tangan.

5. Resiko Sindrom Carpal Tunnel
Sindrom Carpal Tunnel adalah cedera pada bagian otot tangan dengan gejala rasa kesemutan, mati rasa, kelemahan serta kerusakan otot pada pergelangan tangan dan jari.

6. Obesitas
Cara makan pemain game online yang menyukai segala yang praktis dan efisien, umumnya memicu obesitas dikarenakan makan camilan dan gorengan.

7. Otak
Anak yang terlalu banyak bermain game online akan mempengaruhi bagian otak mereka. Mengutip penelitian yang dilakukan Translational Psychiatry menunjukkan bahwa otak manusia akan mengalami perubahan jika terlalu lama bermain game lebih dari 9 jam akan membuat otak mereka melebar di bagian striatum kiri.

8. Sakit Punggung Bawah
Penyakit punggung bawah umumnya dialami orang yang sudah tua, namun resiko kerusakan punggung bawah dapat terjadi juga pada gamer yang terlalu lama bermain game. European Spine Journal menunjukkan bahwa bermain game ternyata berhubungan dengan punggung manusia, jika seseorang terlalu lama bermain game, tak peduli berapapun usianya akan rentan mengalami kerusakan punggung terutama di bagian bawah.

9. Gagal Jantung
Kematian mendadak akibat bermain game terlalu lama dialami warga negara Taiwan. Dikutip laman detik.com yang memberitakan, bahwa Hsieh meninggal karena gagal jantung tanpa ada tanda-tanda cedera luar. Oleh karena itu kematian Hsieh oleh otoritas dikategorikan sebagai kematian 'mendadak' akibat terlalu lama bermain komputer.

Anak yang hidup dalam dunia permainan terlalu lama tanpa aktivitas lain yang berimbang, tidak hanya membawa dampak psikologis semata, ganguan kesehatan yang akan dirasakan, juga resiko terburuk akan meninggal. Terlebih lagi kedua orang tua bekerja, anak akan semakin bebas tanpa kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar