Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 29 Mei 2018

15 Gejala Menakutkan Dari Tubuh Yang Terkadang Tidak Membahayakan

Terkadang informasi yang kita ketahui tentang gejala dan reaksi tubuh bilamana mengalami suatu serangan dari penyakit, seringkali dapat menimbulkan perasaan panik berupa kecemasan.

Setiap orang pasti mengalami perasaan cemas dan panik pada satu saat mengalami gejala berikut :




1. Nyeri dada
Saat kita merasakan nyeri pada bagian dada, hal pertama yang muncul di pikiran saat itu, serangan jantung. Dilansir laman rd.com, Albert Ahn, MD, clinical instructor of internal medicine di NYU Langone Health mengatakan "...untuk pasien yang lebih muda, risiko serangan jantung sangat jarang. Umumnya penyakit yang lebih ringan

Sering kali, munculnya gejala nyeri dada pada orang muda berhubungan dengan stres atau perasaan cemas,  atau ketegangan otot dinding dada selama latihan. Namun, lebih baik dan aman daripada menyesal, anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami sakit dada secara tiba-tiba, terutama jika rasa sakit sering muncul pada situasi tertentu.

2. Jantung berdebar kencang
Hal yang mirip dengan gejala serangan jantung, seperti nyeri dada adalah jantung berdebar sangat kencang. Serangan jantung tidak  selalu memicu jantung berdebar kencang. Beberapa kebiasaan yang seringkali menjadi penyebab jantung berdebar kencang antara lain stres,dehidrasi, kurang tidur dan terlalu banyak kafein.

Saat mengalami jantung berdebar kencang, cobalah untuk menggurangi kopi dan kafein tinggi, menyelesaikan tekanan stres dengan memanjakan diri untuk menenangkan detak jantung. Jika jantung masih berdebar menjadi kebiasaan, ada baiknya anda mengunjungi dokter jika debaran jantung disertai dengan nyeri dada atau sesak nafas.

3. Kuping bising
Gejala yang timbul akibat kuping sering mendengar suara bising dapat diakibatkan gejala penuaan. Ketika arteri mengeras atau mempunyai riwayat penyakit darah tinggi, perubahan aliran darah menimbulkan suara yang hanya anda yang bisa bisa dengar.

Brunilda Nazario, MD, lead medical editor at WebMD. mengungkapkan, "hal ini tidak perlu membuat perasaan khawatir, tetapi gejala ini harus diperiksa untuk mendapatkan kepastian. Umumnya bukan gejala serius, tetapi bisa sebuah tanda kerusakan pada pendengaran atau telinga tengah." katanya lebih lanjut.

4. Tangan gemetar
Jangan mendiagnosis diri dengan penyakit Parkinson jika kita melihat tangan cenderung bergoyang goyang. Gejala Parkinson memang sering dimulai pada satu sisi tubuh, dan akan berlanjut dengan kekakuan, gerakan lambat, dan hilangnya koordinasi. Munculnya gejala tangan gemetar dapat disebabkan akibat kadar gula darah yang rendah atau masalah tiroid, atau itu bisa penyakit tremor esensial yang meresahkan tetapi tidak mematikan.

5. Pelupa
Ketika seseorang semakin tua, gejala sering lupa sering membuat takut dengan penyakit demensia. Untungnya, anda bisa tenang mengetahui gejala pelupa sesuatu yang normal selama penuaan, dan orang yang lebih muda kadang-kadang bisa juga mengalami lupa ketika mereka sedang stres.

Gejala pelupa yang perlu menjadi perhatian adalah saat hal penting sering terjadi. Ketika seseorang mengemudi dan tiba-tiba lupa untuk mengingat arah perjalanan ke rumah,hal ini merupakan penyimpangan memori yang menjadi berbahaya. Disarankan anda melakukan pengujian kognitif untuk memastikan tanda Alzheimer.

6. Daging atau Kutil yang tumbuh di badan
Tidak semua pertumbuhan kutil lebih adalah kanker. Umumnya "daging" yang dapat muncul pada kulit di sekitar leher, dada, ketiak, dan mata. Berbeda dengan tumbuhnya tahi lalat yang dapat menyebabkan kanker, kutil tidak berbahaya. Tetapi mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan kejelasan akan lebih baik daripada terganggu dengan kehadiran mereka.

7. Bintik hitam 
Munculnya bintik hitam secara tiba-tiba saat melihat, mungkin cukup menganggu, tetapi gangguan mata ini  masalah penglihatan lebih terkait dengan usia.

8. Buang air besar berdarah
Gejala buang air besar yang berdarah sering tidak di duga oleh remaja dan anak usia produktif. Pendarahan yang muncul dapat disebabkan diet rendah serat dan kesulitan saat BAB. Ketika anda kesulitan buang air besar, cobalah untuk makan tambahan serat dan minum lebih banyak cairan, berbicara dengan dokter Anda.

9. Kelopak mata berkedip-kedip
Ini gejala yang sulit dilakukan oleh orang biasa. ketika  merasa kelopak mata berkedip-kedip sendiri, tapi munculnya kelopak mata sering berkedip-kedip mungkin karena gaya hidup yang tidak sesuai standar kesehatan. Seseorang yang bekerja atau lama di depan monitor, dapat menyebabkan ketegangan mata. Munculnya kedutan dan kelopak mata berkedip-kedip menjadi tanda mata lelah dan butuh istirahat.


12. Kepala pusing saat duduk dan berdiri
Gejala kepala yang sering pusing saat duduk lama atau berdiri secara tiba-tiba sering muncul akibat tekanan darah rendah. Ketika tubuh melakukan perubahan posisi, beberapa otot perlu untuk mempertahankan aliran darah ke otak. Tetapi jika kondisi pusing berlangsung lama, anda perlu berkunjung ke dokter.

13. Nyeri punggung
Banyak orang sering merasakan nyeri punggung, dan berpikir akan perlu operasi untuk pengobatan tumor. Umumnya seseorang yang terlalu lama duduk sepanjang hari, secara tidak langsung sudah memberi tekanan pada punggung. jadi berdiri dan lakukan peregangan sirkulasi darah yang macet untuk mengurangi rasa sakit punggung belakang.

14. Kelelahan
Perasaan gejala kelelahan bisa menjadi tanda penyakit lupus dan jantung. Jika anda memiliki gejala lainnya yang datang bersamaan rasa lelah, disarankan berbicara dengan dokter.  Hanya jangan terkejut jika anda diberikan resep untuk tidur cukup.

15. Sakit kepala
Anda yang lebih tahu tubuh sendiri, jadi jika tiba-tiba mulai sakit kepala yang tidak biasa dan melakukan pemeriksaan karena takut dengan gejala tumor otak. Umumnya sakit kepala tidak serius,beberapa orang yang sering menderita sakit kepala setiap hari selama beberapa minggu, dan hal ini tidaklah normal.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar