Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 24 April 2018

Penyebab rambut rontok : Kenali Penyebab dan Solusinya

Rambut rontok dialami manusia ditandai terlepasnya rambut dari kepala saat menyisir atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kepala. Proses yang terjadi ketika rambut rontok jika diamati dalam seharian berkisar antara 20 hingga 100 helai, kerontokan dalam jumlah tersebut masih dapat dikategorikan normal dikarenakan rambut telah berada dalam fase telogen. Kecepatan pertumbuhan rambut normal sekitar 1 centimeter per bulan. Rata-rata orang dewasa memiliki 100,000 hingga 150,000 helai rambut.

Telogen adalah fase istirahat (2-4 bulan) rambut. Dalam periode ini rambut baru mulai tumbuh dan rambut yang lama secara bertahap dipaksa keluar dari folikel dan rontok.

Kita dapat mengamati rambut rontok pada beberapa tempat dalam keseharian. Lokasi
umumnya yang mudah dilihat seperti selimut, bantal, lantai, topi dan sisir serta melakukan kegiatan keramas.

Penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh begitu banyak faktor. Namun ada beberapa alasan mendasar yang membuat masalah rambut rontok terus-menerus dalam jumlah banyak.

Kecenderungan jenis kelamin pria dikabarkan lebih mungkin kehilangan rambut daripada perempuan, lepasnya rambut kepala dalam jumlah banyak akan memberi dampak kebotakan, rambut menipis dan rontok.

Beberapa penyebab kerontokan rambut secara umum disebabkan karena beberapa hal :

Mengikat rambut terlalu kencang

kebiasaan mengikat rambut di kepala yang terlalu kencang menjadi salah satu sumber rambut mudah rontok. Selain menyebabkan kerontokan, efek negatif lainnya dapat membuat kepala bisa lebih mudah menjadi pusing karena  peredaran darah jadi kurang lancar.

Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan rambut mudah patah. Terhambatnya peredaran oksigen yang berdampak pada kekuatan rambut menjadi lemah sehingga patah, ciri ciri dapat terlihat dengan mudah ketika kita melepaskan karet gelang dan rambut akan tertarik juga.


Terlalu sering menggunakan pengering rambut

Penggunaan pengering rambut yang terlalu sering digunakan memiliki resiko pada rambut akan terlihat kering dan kasar. Selain dampak perubahan warna rambut yang membuat menjadi pudar dan kehilangan cahaya alami.

Proses penggunaan pengering yang membuat pori-pori di permukaan kulit kepala terbuka,
hawa panas yang dikeluarkan dari alat pengering rambut dapat membuat kutikula rambut rusak. Sehingga apabila kutikula rambut mengalami kerusakan, maka rambut akan mudah untuk terserang penyakit rambut lainnya, seperti ketombe dan rambut rontok.

Kutikula rambut merupakan lapisan rambut yang paling luar, yang berfungsi untuk melindungi rambut.

Kesalahan menggunakan pengering rambut lainnya yang dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang.


Micki Charles, penata rambut di Cutler/Redken Salons mengungkapkan, "idealnya Anda tidak boleh mengeringkan rambut dengan hair dryer lebih dari tiga kali dalam seminggu. Sebab, bila dilakukan terlalu sering, maka minyak alami pada kulit kepala akan kering dan menghilang".

Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer, Albert K, pemilik Top Secret Salon and Spa di New York dan pakar penataan rambut dari ForStyler Hair Professional memaparkan, kalau proses pengeringan tergantung jenis dan ketebalan rambut masing-masing.

Oleh karenanya, Albert K menyarankan Anda memperhatikan tahapan pengeringan sebelum menggunakan hair dryer.  "Untuk rambut keriting atau mengembang, keringkan sekitar 30 persen. Untuk rambut lurus dan kasar, keringkan sekitar 70 persen dan untuk rambut rusak, keringkan sekitar 80 persen," sebut Albert K.

Nah, hal lain yang harus Anda perhatikan dalam pemakaian hair dryer adalah jangan pernah lupa untuk melindungi rambut Anda sebelum mengeringkannya. Albert K menyarankan Anda untuk mengaplikasikan serum pelindung dari panas pada rambut Anda. Sebab, serum ini bermanfaat untuk menghindari rambut kering atau rusak yang seharusnya tak terjadi. "Anda pun juga harus menjaga rambut dalam kondisi tetap baik ketika Anda tidak menggunakan alat pengering rambut. Perawatan berupa deep conditioning atau hair mask harus diaplikasikan dari pangkal rambut sampai ujungnya untuk menutrisi rambut secara menyeluruh," jelas Albert K.

Menyisir rambut saat basah

Rambut basah dapat membuatnya lebih lemah dibandingkan dalam kondisi kering. Kegiatan yang sering dilakukan menyisir rambut masih basah setelah keramas, membuat akar rambut tidak mampu menahan tarikan yang dilakukan menggunakan sisir.

Risiko kerusakan rambut tanpa mengeringkan setelah keramas dapat di antisipasi dengan mengering dengan handuk.

Beberapa cara mudah mengeringkan rambut secara alami tanpa hair dryer :
1. Menggunakan kondisioner yang sesuai
2. Menggunakan handuk berbahan microfiber
3. Penggunaan dry lotion atau sejenisnya
4. Menggunakan sisir lebar


Kekurangan asupan gizi dan vitamin

Cara paling mudah untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memperhatikan makanan yang akan di konsumsi. Beberapa jenis makanan yang banyak tersedia disekitar kita diketahui mempunyai kandungan omega-3.

Omega-3 adalah sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. ... Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna, makarel dan makanan laut lainnya termasuk ganggang dan krill, beberapa jenis tanaman dan minyak kacang.

Pada dasarnya, omega 3, 6 dan 9 adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan mengendalikan peradangan. Ketiga jenis nutrisi ini dapat Anda peroleh dari bahan makanan nabati dan daging ikan laut.

Beberapa makanan dengan omega 3 yang baik :

Ikan Tuna
Ikan Sarden
Ikan Salmon
Telur Ayam dan Bebek
Jenis Kacang Kacangan
Sayur Bayam
Kangkung
Daging Sapi
Daging merah
Susu Kambing
Susu Sapi
Kembang Kol
Belut
Ikan Lele
Yoghurt
Brokoli
Selada
Ikan Air Tawar



Dari beberapa penyebab  dan solusi rambut rontok diatas, kerusakan lain dapat karena pengaruh zat kimia dan penggunaan obat. Tingkat stress dan paparan sinar matahari, pengaruh lain dapat juga karena pengaruh usia tiap tiap individu.

Cara mengatasi rambut rontok lainya, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter ahli atau tenaga ahli lain yang dipercaya mampu mengatasi rambut rontok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar