Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 27 April 2018

Cara Memilih Ban Mobil

Cara memilih ban mungkin menjadi hal sepele bagi pemilik kendaraan, dengan melihat katalog dan menentukan ban yang di cetak pada lembar katalog, anda sudah memilih ban kendaraan yang diinginkan. Membeli ban mobil mungkin terkesan mudah. Menemukan kriteria ban kendaraan yang tepat untuk mobil kita yang bisa menjadi kesulitan tersendiri.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik kendaraan bermotor saat melakukan proses ganti ban baru yang sering diabaikan atau karena ketidaktahuan. Terkadang calon konsumen dapat membuat pilihan yang salah ketika mengganti ban yang tidak menggunakan ukuran yang benar sesuai spesifikasi dan ketentuan kendaraan tersebut.


Umur pemakaian normal ban mobil biasanya sudah memerlukan perhatian khusus dari pemilik kendaraan untuk diganti setiap periode tiga atau empat tahun, namun kondisi tertentu untuk pemakaian juga dapat bergantung dari pemakaian kendaraan masing masing, apakah sering digunakan atau jarang digunakan.


Jenis dan type dari ban mobil yang digolongkan pada beberapa faktor, secara umum menyediakan untuk tiga jenis musim. Namun pilihan pada ban mobil semua musim memberikan kinerja yang baik. Dengan beberapa perbedaan mendasar untuk masing masing musim.

Berikut tips dan cara yang mudah untuk memilih ukuran ban kendaraan 

Cara memilih ban mobil atau motor ketika masa pakai yang sudah hampir habis, cara terbaik yang perlu dilakukan untuk pengguna adalah mendatangi bengkel yang menyediakan ban secara langsung. Selain skill dan teknik bengkel yang telah menyediakan tenaga ahli untuk melakukannya, proses ganti ban mobil dan motor juga akan banyak menghemat waktu .

Menentukan ban yang sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan pabrik kendaraan, kita dapat melihat bagian sisi luar ban ban Anda. Pada bagian sisi ban jika kita perhatikan akan menemukan kode yang memberitahu ukuran dan kemampuan untuk standar aman dari pabrik pembuat.


Berikut adalah contoh kode ban kendaraan:

P195 60R16 63H M + S
P - jenis Ban
195 - lebar Ban di tapak dalam hitungan skala milimeter. Angka 195 menunjukkan lebar ban mobil.

60 - aspek rasio untuk skala perbandingan antara tinggi ban dengan lebar ban. Angka 60 menunjukan keterangan 60% dari lebar.

R - konstruksi radial

16 - diameter dalam inci, yaitu diameter nomilal untuk penggunaan standar pelek yang dianjurkan.

63 - Menunjukan kemampuan ban untuk beban . Angka ini merupakan kapasitas maksimum beban yang disarankan oleh pembuat kendaraan mobil.

H - nilai pengukuran maksimal untuk kecepatan Ban.

M + S - Ban cocok untuk semua musim menggemudi

Jika kode ukuran kendaraan ban diawali dengan kode lain selain huruf P, itu berarti ban dibedakan untuk jenis lain, seperti contoh jenis ban truk ringan. Berbeda dengan ban untuk mobil yang didesain untuk penumpang, jenis ban truk ringan dirancang untuk daya dukung beban lebih tinggi dan biasanya ditemukan pada pickup dan SUV.

Cara Memilih ban mobil yang sesuai

Memilih ban mobil selain memperhatikan ketentuan pemakaian pabrik mobil, pembeli juga perlu untuk melihat kemampuan ban untuk mengusir panas atau mencegah penumpukan panas. Panas sering dialami ban ketika digunakan untuk menjalankan kegiatan kita. Jika kondisi ban cepat panas, akan membuat kemampuan dari ban semakin cepat untuk ke proses pengantian yang baru dan kecenderungan dari usia pemakaian ban yang cepat rusak. Ban dengan nilai angka untuk kecepatan tinggi dapat mengusir lebih cepat panas selama kendaraan digunakan untuk perjalanan panjang. Jika mobil tersebut menghabiskan sedikit waktu di jalan Raya, memilih ban dengan spesifikasi angka kecepatan mungkin tidak menjadi faktor penting dalam memilih pengganti Ban mengingat ada perbedaan harga untuk masing masing ban, hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna kendaraan untuk memperoleh hasil yang maksimal pada penggunaan ban dalam usianya.

Ban mobil penumpang dan truk ringan sangat berbeda. Pemilik pickup dan SUV umumnya akan memilih ban mobil penumpang karena harga ban jenis ini lebih murah, namun yang perlu diperhatikan adalah jjika kendaraan secara konsisten digunakan untuk muatan secara berkala , pilihan yang lebih baik adalah menggunakan ban yang diharuskan untuk standar kendaraan yang disarankan pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar