Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 17 September 2011

Cara anak mau makan

Balita bisa makan dan menikmati berbagai macam tekstur makanan . Ini adalah waktu untuk mendorong anak Anda untuk menikmati makanan keluarga dan mencoba berbagai macam makanan untuk menambah selera dan rasa dengan kombinasi beragam tekstur.

Balita dan anak-anak muda memiliki kemampuan alami untuk merasakan saat lapar dan kapan perut mereka penuh. Anak-anak akan belajar makan apa yang keluarga makan jika mereka ditawarkan makanan yang sama dan didorong untuk mencobanya. Diet rendah lemak atau dibatasi tidak dianjurkan untuk balita karena dapat mengakibatkan pertumbuhan buruk.


keprihatinan orangtua pada anak yang malas makan

Saat anak sulit makan, makanan yang diberikan kepada anak umumnya mereka memilih. Bagi mereka, dunia adalah tempat yang menarik dan makanan kurang penting bila ada banyak hal lain yang harus dilakukan. Beberapa alasan balita malas atau tidak mau makan meliputi:

Pertumbuhan lebih lambat - pertumbuhan melambat di tahun kedua anak. Ini berarti balita seringkali memiliki selera makan yang lebih kecil dan membutuhkan makanan lebih sedikit. Jumlah nakanan yang dimakan dari hari ke hari bisa berubah secara dramatis. Meskipun kadang-kadang kekhawatiran orang tua dapat timbul, perubahan ini adalah normal dan tidak berarti anak Anda sedang sulit atau tidak sehat.

Kebiasaan ngemil - balita jarang mengikuti pola makan tradisional. Mereka cenderung membutuhkan makanan kecil dan teratur. Ini sesuai ukuran perut dan memberikan energi untuk terus bergerak sepanjang hari. Jumlah makanan pada waktu makan, khususnya makan malam, mungkin lebih kecil dari orang tua ingin berikan.

Namun, anak-anak dapat menyeimbangkan jumlah makanan yang dimakan dengan tepat berapa banyak yang mereka butuhkan jika mereka diberi kesempatan untuk menikmati makanan yang baik, dan tidak dipaksa untuk makan berlebihan atau menyelesaikan semua makanan di piring. Ini berarti bahwa makanan kecil sehat adalah penting untuk membantu memberikan energi dan nutrisi anak Anda sepanjang hari.
Makan rewel menunjukkan perkembangan balita yang normal dan ini termasuk menolak makan makanan yang Anda tawarkan. Menolak makanan tidak selalu anak tidak menginginkan makanannya. Jika Anda menawarkan hal itu pada hari lain, mereka dapat makan apa yang anda berikan!

Balita secara umum memiliki perilaku makan termasuk:

Makan dengan mengamuk atau melakukan penolakan makanan yang anda berikan
Keterlambatan makan sendiri
Disarankan untuk memberi makanan bubur dan perhatikan saat mereka kesulitan mengunyah porsi yang terlalu banyak
Mengurangi asupan makanan lain sebelum makan makanan utama

Peran Anda sebagai orang tua dari balita adalah untuk memutuskan apa makanan dan kapan harus menawarkannya, tetapi anak memutuskan apakah atau tidak untuk makan dan berapa banyak mereka akan makan.

Ingatlah bahwa anak-anak makan saat mereka lapar. Anak-anak memiliki kemampuan alami untuk merasakan saat mereka lapar dan kapan penuh. Jika Anda bersikeras agar anak Anda makan lebih dari mereka inginkan, Anda akan mengesampingkan kemampuan alami dan dapat mendorong makan berlebihan di masa depan.

Dengan melakukan kebiasaan untuk membiarkan anak Anda memutuskan apakah mereka akan makan dan berapa banyak mereka akan makan. Orang tua sebaiknya memperhatikan setiap makanan yang akan diberikan. Selama mereka dalam kondisi baik dan tidak mengalami keterlambatan tumbuh kembang.

Yang perlu dilakukan orang tua untuk anak mau makan

Jadilah teladan yang positif dengan makan makanan yang sehat dan seimbang serta bervariasi bersama sebagai sebuah keluarga.
Sajikan makanan yang sama dengan keluarga makan tanpa perbedaan, jika memungkinkan.
Ingatlah bahwa balita perlu makanan kecil dan snack khusus untuk bayi.
Jangan khawatir terlalu banyak pada nafsu makan balita dan berikan asupan makanan bervariasi setiap hari untuk mencegah kebosanan pada rasa.
Biarkan mereka mengatakan mereka telah kenyang dan tidak memaksa anak untuk menyelesaikan semua makanan di piring mereka.

Cara kreatif untuk membuat makanan baru:

Sajikan makanan baru untuk anak Anda yang di sukai.
Bersabarlah dan terus menawarkan makanan baru, bahkan jika mereka menolak pada awalnya.
Asumsikan anak Anda akan menyukai makanan baru.
Tawarkan makanan baru dalam lingkungan yang santai.
Jangan menggunakan makanan sebagai hadiah, empeng atau hukuman.
Membuat waktu makan menjadi pengalaman positif
Makan harus rileks dan bahagia.
Biarkan anak makan sendiri dan memberikan bantuan jika diperlukan.
Jauhkan makan santai seperti tidak memiliki gangguan seperti sambil menonton TV.
Memberikan dorongan, tapi jangan berdebat atau memaksa anak Anda untuk makan.
Bicaralah pada anak anda dengan sesekali pada waktu makan, bukan hanya soal makanan, anda dapat bertanya tentang permainan hari ini dsb.
Jangan meminta anak Anda untuk makan dengan cepat.

Apa yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang makan :

Selalu mengawasi anak-anak ketika mereka sedang makan.
Ajak anak Anda untuk selalu makan duduk untuk mencegah jatuh dan mengurangi risiko tersedak.
Hindari makanan keras kecil seperti kacang, wortel mentah, untuk menjaga mereka tidak tersedak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar