Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 11 Agustus 2011

Mencegah pencurian bandwith melalui Hotlink Protection di Cpanel

Menulis dan menuangkan ide-ide segar pada blog, memang sangat menyenangkan bagi anda yang memiliki hobi menulis. Setiap ide yang datang dan menghampiri pikiran kita saat itu, sepertinya sangat sayang jika dilewatkan dan hilang tanpa di abadikan melalui blog.



Namun menulis yang membutuhkan ide dan segala keahlian, seringkali kita merasa jengkel melihat hasil karya yang membutuhkan waktu lama dengan mengembangkannya dengan sepenuh hati, tiba-tiba ada yang mengambil seluruh artikel tanpa ijin.

Berikut beberapa tip yang dapat membantu anda untuk meminimalisasikan pencurian konten dan artikel yang sudah kita tulis. Tips dapat bekerja untuk anda yang menggunakan hosting sendiri, dan melakukan beberapa konfigurasi di cpanel.

Cpanel yang tersedia dalam hosting tempat anda menyewa, memiliki banyak fitur dan dukungan untuk membantu untuk memaksimalkan kinerja web dan blog anda. Diantara beberapa fitur seperti yang terdapat pada tab "security". Pada gambar dibawah ini menyediakan dukungan untuk mencegah kebiasaan yang kurang baik dari mereka yang senang copas tanpa ijin.

Sebenarnya, saya tidak mempermasalahkan copas yang sering dilakukan. Masalah mulai akan muncul, ketika anda mempublikasikan tulisan menggunakan self hosting. Umumnya, copas yang mengambil artikel dari self hoting orang lain, maka akan membebani bandwith yang akan digunakan, sehingga mengakibatkan lonjakan data yang tidak wajar.

Langkah untuk setting HotLink Protection dalam cpanel

1. Login ke cpanel anda

2. Saat masuk ke bagian cpanel, cari tab- tulisan security, dan anda klik icon “hotlink protection”

3. Klik Enable terlebih dahulu

4. Masukkan URL blog utama anda di bagian “URL to allow Access”

5. Masukkan ekstensi format gambar anda di bagian “Block direct Access for this extensions”. Jangan lupa beri centang pada “allow directs requests”

6. Masukkan URL gambar anda di bagian “Redirect Request to this URL”. Gunakan penyimpan gambar online pihak ketiga seperti imageshark, photobucket, picasa, dll.

7. Klik “submit” jika pengaturan anda sudah selesai.


Hotlink protection adalah sebuah cara untuk mencegah halaman website lain memasang gambar yang ada di server web hosting kita. Tujuannya agar account web hosting kita tidak memakan banyak bandwith akibat akses file gambar yang dibuka via website lain. Mencegah penggunaan (“pencurian”) bandwith akibat akses gambar dari website lain atau hotlink merupakan hal penting, karena dapat menghindari pembiayaan kelebihan bandwith oleh perusahaan web hosting dimana kita berlangganan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar