Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 15 Agustus 2011

Cara Mengetahui pengunjung online dan yang membaca artikel dalam blog anda

Kadang-kadang, kita sering penasaran dengan tulisan yang di publikasi di blog dan web apakah dibaca oleh pembaca, mungkin juga anda pernah berpikir ingin mengetahui Jumlah Pembaca yang saat ini sedang online. Banyak plugin dan widget yang dapat anda gunakan untuk disematkan pada blog, beberapa nama yang telah cukup populer seperti histats, Wp-PostViews Counter atau jika anda memiliki keterampilan bahasa mesin, dapat juga memasang langsung dengan melakukan beberapa tambahan dan modifikasi ke dalam theme.


Standar blog dan wordpress secara defaut yang tidak menyediakan plugin online, memerlukan tambahan plugin dan wigdet untuk menayangkan berapa jumlah pengunjung yang datang dan yang sedang membaca artikel. Bagi beberapa webmaster juga memiliki pendapat yang berbeda tentang penting atau tidaknya pemasangan plugin online dalam blog. Jika anda penasaran, plugin ini sebenarnya juga berguna untuk mengetahui seberapa populer artikel yang kita tulis, terutama untuk mengetahui persaingan keyword yang anda kejar di mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

Memasang Wp-PostViews Counter Plugind dari wordpress

Plugin-plugin yang ada dalam daftar wordpress sangat beragam untuk mendukung kinerja dan peformance blog anda. Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang online dalam blog, diantara plugin yang dapat anda gunakan seperti Wp-PostViews yang menyediakan ukuran sangat kecil hanya 22,1 kb. Anda dapat memasangnya dengan melakukan download terlebih dahulu di link ini http://wordpress.org/extend/plugins/wp-postviews

Cara pemasangan plugin wp postview
Install plugin di blog self hosting anda seperti menggunakan plugin lainnya.
Setelah proses Install berhasil, anda harus mengaktifkan plugin dengan meng klik bacaan active yang tersedia
Kemudian letakkan kode berikut (pada kotak quote) pada file Theme. Misal di Single.php, Post.php, Page.php atau Archive.php
Sebagai contoh letakkan saja di Single.php sebelum kode :"

    "



Cara lain untuk mengetahui jumlah online pengunjung dalam blog adalah menambah widget SEO stats pada blog. Widget - plugin ini dapat berfungsi untuk platform blogger dan wordpress. Kode widget yang diberikan SEO stats sangat mudah dan frendly untuk di aplikasikan di wordpress gratisan atau blog yang tidak menerima kode script.

Cara pasang widget SEO stats
Anda menuju ke situs SEO stats dan melihat menu ‘Free services’, klik ‘SEO Stats’ kemudian akan muncul tab SEO Stats, pada menu inilah anda akan mengatur beberapa pengaturan yang ingin ditampilkan dalam blog. Beberapa pilihan yang tersedia seperti Display PR, Google Info, Yahoo Info, Alexa Info, User Online dll.
Login ke Site Url anda, untuk platform blog gunakan "design" kemudian klik "add a gadget ". Pada platform wordpress, silahkan anda klik "Appearance" setelah muncul sub menu dibawahnya, anda masuk ke widget dan menggunakan "text" untuk meletakkan di wordpress anda.

Setelah muncul tab kode widget SEO stats ‘Here is your code cut and paste in your page’ silahkan cut dan paste pada side bar diblog anda.

Ada cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung dan yang dilengkapi dengan fitur lebih lengkap, salah satunya yang saya referensikan adalah http://www.histats.com . Dukungan yang berikannya selain sangat lengkap dan rinci, anda dapat mengetahui keyword yang dicari pengunjung, total page view dan sebagainya.

Dan terakhir yang mungkin juga dapat anda gunakan dan gratis, adalah google analisys di sini http://www.google.com/analytics/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar