Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 06 Agustus 2011

Aman menggunakan wifi di lokasi publik

Dukungan untuk akses internet Wi-Fi yang terus bertambah dan terus digunakan oleh lebih dari 700 juta orang, menyediakan banyak pilihan untuk lokasi hotspots yang semakin luas. Diperkirakan lebih dari 4 juta tempat hotspots di seluruh dunia dan WiFi router setiap tahun produksi sebanyak 800 juta unit.

Berdasarkan temuan global research project yang dilansir oleh Online Security Brand Tracker, yang disampaikan oleh InSites Consulting (April-May 2011), dan analisa dari United Consultants, hampir separuh pengguna internet di dunia melakukan koneksi internet paling sering dengan menggunakan perangkat portabel, notebook menjadi perangkat yang paling populer (41%), kemudian diikuti netbooks (3%), smartphones (2%) dan komputer tablet (1%).

Sebuah catatan penting dari pesatnya peningkatan baik teknologi maupun penggunanya yaitu terdapat korelasi searah dengan tingkat keamanan. Beberapa advice keamanan WiFi, ESET Smart Security 5 yang bakal menjadi versi terbaru Antivirus ESET menyediakan fitur-fitur yang akan bermanfaat untuk mengamankan koneksi dan data para user saat melakukan koneksi WiFi.

salah satunya adalah peringatan yang diberikan pada user untuk waspada kapan user melakukan koneksi dengan WiFi ditempat umum, kemudian memberikan proteksi. Produk antivirus yang sekaligus menjadi produk generasi terbaru ESET yang memberikan dukungan pada teknologi koneksi WiFi pada level keamanan maksimum.

Beberapa kelemahan dan resiko yang tidak diketahui pengguna WiFi adalah resiko keamanan dari data terutama yang terkait dengan lalu lintas data yang terjadi saat memulai akses. Login credentials dan lalu lintas yang terjadi di dalam network akan mudah di ketahui, bahkan sebelum sebuah e-mail terkirim melalui koneksi Wi-Fi hotspot, begitulah umumnya modus pencurian data didalam jaringan tanpa terdeteksi.

Berikut saran untuk mengamankan jaringan dan data ketika anda melakukan koneksi dengan wifi publik

1. Menggunakan aplikasi tambahan untuk mengamankan data. Ada perangkat lunak seperti Ethereal tersedia di Internet, yang dapat membantu menangkap paket-paket data yang ditransmisikan pada jaringan. Alat-alat ini dapat dengan mudah menampilkan rincian seperti nama pengguna, sandi dan kepercayaan lainnya dari email atau rekening bank Anda, yang Anda akan memasuki.

Situs dengan login data sensitif seperti bank dilindungi oleh SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security) protokol. Ini adalah protokol kriptografi yang aman untuk membantu anda melakukan koneksi data di internet sebagai media komunikasi.

Contoh yang sering anda perhatikan, saat berada di halaman login dengan penampilan “https” dalam alamat untuk mengamankan data akses login, bukan hanya “http” TLS/SSL. Fungsi dan kegunaan https saat anda berada pada halaman ini, setiap input data yang masuk pada situs akan dienkripsi.

2. Menggunakan Firewall pribadi
Anda tidak akan pernah tahu situasi aman ketika berada di lokasi publik untuk menggunakan WiFi sebagai jaringan data. Hal yang terbaik untuk dilakukan pada notebook dan laptop ataupun gadget yang akan di hubungkan dengan wifi umum, menggunakan software Firewall akan mencegah konten berbahaya menginfeksi perangkat.

3. Menggunakan sambungan VPN untuk data yang amat sensitif
Keunggulan VPN (Virtual Private Network) untuk mengakses data, pada umumnya banyak di aplikasikan oleh karyawan yang harus mengakses data resmi dari di luar kantor.

4. Menghindari melakukan transaksi keuangan
Meski teknologi yang banyak di pasang oleh situs Bank telah menggunakan kemampuan https, mungkin anda dapat merasa aman membuat transaksi online menggunakan wifi publik. Namun, ini bukanlah pemikiran yang baik dan tidaklah dianjurkan untuk melakukannya dengan bank yang berhubungan dengan transaksi menggunakan hotspot publik.

Kemungkinan terburuk untuk setiap data penting, seperti id dan password selalu dapat memiliki risiko di ketahui identitasnya.

4. Tidak berbagi file dan folder

Jika keadaan memang diharuskan untuk menggunakan hotspot publik. Anda dapat menonaktifkan fitur berbagi file atau folder pada laptop Anda. Untuk pengamanan yang baik jika anda ingin mengirim data dan folder, melakukan penguncian menggunakan sandi akan menghalangi kemudahan pengintai untuk melihat dan memeriksa data anda secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar