Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 24 Juni 2011

Memperoleh manfaat besar dengan olahraga sepeda

Olahraga sepeda yang menjadi bagian olahraga menyenangkan untuk semua kalangan masyarakat, merupakan olahraga yang banyak menggunakan kekuatan otot tungkai bawah.

Memperoleh manfaat besar dengan olahraga sepeda


Beberapa manfaat dan kegunaan bersepeda antara lain :

1. Mendukung dan memiliki kemampuan untuk melatih ketahanan jantung dan paru-paru (Cardiorespirasi).
Dengan melakukan olahraga sepeda secara teratur akan melatih napas menjadi lebih panjang. Beberapa manfaat yang dapat kita rasakan setelah 10-12 minggu berlatih secara teratur.

2. Membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. 
Jika anda secara rutin melakukan olahraga sepeda secara teratur, kegiatan ini akan membuat otot jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat yang memberikan manfaat pada kemampuan dan memperlancar peredaran darah dan oksigen.

3. Olahraga sepeda yang memberikan manfaat besar pada kekuatan otot tungkai bawah. 
Saat anda mengayuh sepeda dengan beban tertentu secara teratur, beberapa sumber menyebutkan dapat membuat tulang menjadi lebih padat.

4. Melakukan stabilisasi gula darah
Gula darah yang banyak di kontrol menggunakan diet ketat dan memantau setiap asupan makanan yang dimakan, melakukan olahraga sepeda secara fisik mampu menanggulangi penyakit diabetes melitus. Latihan secara teratur dengan sepeda yang memberikan peningkatan sensitivitas insulin sehingga memberikan stabilitas pada kadar gula darah.

5. Membakar lemak dengan aman
olahraga sepeda memberikan manfaat besar untuk membakar lemak tubuh. Pembakaran lemak yang merupakan bagian energi tubuh yang diperoleh saat masuknya karbohidrat. Untuk anda yang telah terlatih dalam olahraga sepeda dapat menggunakan waktu 30 menit untuk membakar 130-150 kalori. ( Tergantung berat badan dan intensitas latihan).

6. Bersepeda untuk mengurangi hipertensi
Melakukan olahraga sepeda memiliki manfaat untuk jantung dan paru-paru menjadi segar. Pengaturan beban yang sesuai supaya tidak terlalu berat, juga menghindari tekanan darah yang meningkat. Menurut penelitian pada olahraga sepeda, penderita hipertensi ringan dapat menggunakan olahraga ini untuk menurunkan tekanan sistolik dan diastolik.

7. Menghilangkan stres dengan olahraga
Melakukan kegiatan olahraga sepeda selain lebih santai dan membuat anda senang. Peningkatan hormon endorfin sebagai respon fisiologis, manfaat lain hormon endorfin membuat hati menjadi bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar