Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 12 Juni 2011

Memilih Pengasuh Anak

Memilih Pengasuh Anak akan menjadi pekerjaan yang sulit untuk ibu rumah tangga yang akan memulai bekerja kembali. Jika anda, ibu rumah tangga yang pertama kali mempunyai seorang bayi. Melakukan pengasuh anak memang membuat pekerjaan jadi lebih ringan. Memilih pengasuh yang ideal yang membutuhkan kesabaran, melakukan pengenalan tenaga pengasuh anak secara teliti adalah yang terpenting yang harus di perhatikan.


Memilih Pengasuh Anak yang tidak tepat dapat membuat trauma pada anak. Peristiwa kekerasan yang dilakukan pengasuh terhadap anak sering terjadi.

Orangtua sewajarnya tahu pengalaman dan keahlian calon pengasuh anak. Misalnya melakukan wawancara sebelum Anda menerimanya dan menanyakan detail tentang kesanggupannya menangani anak rewel, nakal, manja, atau mendadak sakit. Anda bisa melihat reaksinya dengan memperhatikan reaksi dan jawaban yang diberikannya.

Memilih Pengasuh Anak dalam keluarga dapat melibatkan anggota keluarga lain untuk mengawasi pengasuh. Ketika orang tua anak tidak ada dirumah, kedua orang tua bisa mengeceknya melalui telepon untuk mengetahui kondisi anak Anda. Atau mungkin memasang kamera tersenbunyi di suatu tempat,

Beberapa hal yang perlu diwaspadai saat anda telah Memilih Pengasuh Anak

Jika anak berubah keceriaan dan perilakunya menjadi lebih pendiam, pemurung dan sering menangis. Orang tua harus sensitif. Kalau tidak yakin, buka baju anak lihat apa ada bekas memar atau bengkak.
Saat orang tua sampai dirumah, tanyakan saja yang dikerjakan anak selama Anda tidak dirumah. Bandingkan dengan ucapan anak jika sudah bisa bicara. Umumnya anak-anak bicara lebih jujur menyampaikan apa yang dirasakannya dan lakukan saat anda dengan anak sedang berdua.
Menanyakan kepada pengasuh anak, tentang perkembangan anak, menu makan dan tentang kebiasaan barunya.
Jangan ragu untuk menegur pengasuh anak jika terbukti melakukan kesalahan mengurus anak.
Orang tua anak dapat bertanya kepada pengasuh, apakah ia betah bekerja dengan Anda?

Cara mencari pengasuh anak yang sesuai

Beberapa yayasan penyedia pengasuh anak yang menawarkan jasa baby sitter yang berpendidikan. Yayasan biasanya akan menjamin bahwa baby sitter yang ditawarkan memiliki pengalaman dan bisa diandalkan. Namun demikian tetap harus selektif sebelum memilih hendaknya di tes termasuk kejujurannya. Yayasan penyedia pengasuh anak yang dipilih harus memiliki izin dan bisa dipertanggungjawabkan. Cari pengasuh anak hendaknya yang seagama, baik, sopan, sabar, dan jujur.

Minta daftar riwayat hidup baby sitter yang akan dipilih untuk mengetahui latar belakangnya. Jika perlu datangi rumahnya dan berkenalan dengan keluarganya. Perhatikan sopan santun, cara bicaranya serta kejujurannya. Yang terakhir wajib dimiliki oleh baby sitter.

Jika kriteria-kriteria pengasuh anak telah dipenuhi dan baby sitter telah dipilih, maka baby sitter tersebut diajari apa saja aturan-aturan serta kebiasaan dalam keluarga, apa saja yang harus dilakukan dalam mengasuh anak termasuk masalah makan, kegiatan bermain anak dan pakaian anak.

Jika anda ingin mencari pengasuh anak atau baby sitter, beberapa lokasi seperti yayasan penyedia pengasuh anak, juga dapat menggunakan kerabat atau tetangga yang dikenal baik latar belakangnya. Cara ini mungkin bisa lebih baik karena lebih mengenal baby sitter. Selektif dalam memilih baby sitter harus dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana pemberitaan di media tentang adanya baby sitter yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik bahkan berbuat kriminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar