Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 24 Juni 2011

Manfaat olah sepeda dan tips aman bersepeda

Olahraga sepeda yang memberikan manfaat kesehatan sebagai sarana mudah untuk seluruh lapisan masyarakat. Jenis olahraga yang menyenangkan dengan manfaat bagi kesehatan, sepeda merupakan bagian dari olahraga aerobik yang mudah dilakukan oleh semua individu.


Supaya anda mendapat manfaat maksimal pada olahraga sepeda ini, menyesuaikan intensitas, kecepatan dan kemampuan dengan menghitung denyut nadi yang didasarkan pada rumus hitungan. Rumus 220 - umur, misalnya jika anda berusia 2o tahun tanpa gangguan kesehatan, maka rumus 220-20 tahun=220.

Jika tujuan melakukan olahraga sepeda untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran, nilai 220 diatas di kalikan dengan 60-70%=120-140 kali per menit atau 35-35 kali per detik. Beberapa saran yang didapat, jika anda telah melakukan olahraga sepeda telah melewati 140 kali per menit atau 35 kali per 15 detik, maka sebaiknya anda melakukan istirahat dan behenti.

Jika cara menggunakan rumus diatas rumit, anda dapat melakukan talking test. Jika saat melakukan olahraga sepeda masih dapat berbicara, bersiul dan bercerita, maka kecepatan sepeda dapat di tambahkan. Namun jika anda telah terengah-engah saat menggunakan kecepatan sepeda, sebaiknya kecepatan sepeda diturunkan, agar manfaat dan fungsi olahraga sepeda dapat maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar