Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 12 Desember 2009

Bagaimana Cara - Menjelaskan Dan Menjelaskan Seks Kepada Anak

Bagaimana Cara - Menjelaskan Dan Menjelaskan Seks Kepada Anak

TERLAMBAT menerangkan seks pada anak-anak, efek buruknya bisa bersifat jangka panjang. Faktanya, kebanyakan orangtua memberikan pendidikan seks justru saat anak-anak beranjak dewasa dan aktif secara seksualitas.

Hasil kajian sepanjang tahun dari Harvard University yang dirilis Selasa (8/12/2009) di Journal Pediatrics menunjukkan, sebanyak 40 persen anak laki-laki dan 46 persen anak perempuan telah aktif secara seksual sebelum orangtuanya bicara pada mereka tentang intercourse. Demikian seperti okezone lansir dari Nydailynews.

Kajian dilakukan terhadap sekira 141 remaja usia 13-17. Sementara para orangtua juga ditanyakan pola komunikasinya saat membahas masalah seks pada anak-anak.
Hasilnya, dua di antara tiga anak laki-laki dalam kajian bahkan mengatakan, mereka tidak memberitahukan orangtua bagaimana menggunakan kondom sebelum berhubungan badan.
“Saya rasa orangtua masa kini ingin bicara ke anak-anak, tapi mereka tidak tahu di mana harus memulai,” kata Dr Mark Schuster, profesor pediatrik dari Harvard Medical School dan chief of pediatrics Children’s Hospital di Boston, pada ABC News.

“Mereka takut membuat kesalahan atau tidak tahu bagaimana faktanya, takut mengakui bahwa anak-anak mereka telah semakin dewasa. Mereka sama-sama menghindari topik (seks),” kata Schuster, co-author kajian bersama Megan Beckeet, peneliti sosial dari the Rand Corp.
“Ini adalah subjek pembicaraan yang sulit bagi banyak orangtua, tapi tingkat aktivitas seksual banyak anak-anak justru semakin berkembang. Mereka mengenalnya di usia lebih muda dari orangtua mereka dulu,” ujar Alan Hilfer, direktur psikologi Maimonides Medical Center di New York, pada US News and World Report.

“Bicara tentang hal seks sangat membantu dalam upaya pencegahan penyakit, kehamilan tidak diinginkan, dan isu seputar hubungan,” tambahnya.
Meski kajian tidak menitikberatkan pada usia spesifik untuk mengenalkan topik pembicaraan seputar seks, Beckett menyarankan para orangtua untuk memulainya lebih awal dari apa yang mereka rencanakan.

sumber: Fitri Yulianti – Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar