Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 11 Desember 2009

Bagaimana Cara - Menggunakan Google Trends

Bagaimana Cara - Menggunakan Google Trends

SEO (Search Engine Optimization) dibutuhkan untuk webmaster yang ingin selalu tampil segar menyajikan berita trend. SEO merupakan rangkaian proses yang sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik/ pengunjung yang datang dari mesin pencari, dengan jalan memakai mekanisme kerja algoritma dari mesin pencari tersebut.
Jadi tidak ada lain tujuan SEO adalah menjadikan peluang besar untuk menduduki halaman terdepan dan teratas dari search engine, kemudian akan lebih banyak lagi pengguna search engine yang datang.

Algoritma search engine memang rumit dan membutuhkan keahlian yang tinggi, kenyataanya memang masih ada faktor dan syarat yang tidak teridentifikasi sehingga SEO masih menjadi misteri. Dari berbagai pengalaman para blogger sepuh maka beberapa langkah bisa dilakukan, minimal sebagai ikhtiar untuk meraih peringkat yang lebih baik di search engine. Hal yang penting antara lain:

    * Nama domain yang bagus
    * Hosting yang stabil dan uptime > 99%
    * Keyword Terpilih

Keyword merupakan salah satu factor penting dalam SEO, untuk itu posting ini lebih focus pada tema bagaimana melakukan analisis keyword dengan google trends. Keyword  yang tepat dan terpilih pada blog anda maka akan memungkinkan mudah muncul dihalaman pertama search engine. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita memilih keyword yang tepat sehingga bisa menjadi stimulan dan pancing untuk menggaet pengguna search engine???

OK, biar fokus maka misalkan Google search engine yang menjadi target anda. Untuk bisa berakrobat ria dalam berburu dan menganalisi keyword untuk google maka pilihannya adalah menggunakan layanan yang disiapkan google yaitu Google Trends.

Google Trends memang belum nge-trend seperti nama yang disandangnya. Layanan ini masih kalah popular dengan fasilitas yang lainyaitu Google Analytics (waktu lain coba kita bahas). Menurut saya sebenarnya untuk melakukan Analisis Keyword lebih tepat menggunakan Google Trends dari pada menggunakan Google Analytics, karena hasilnya merupakan tren keyword ala search engine google.

Dengan menggunakan Google Trends maka anda bisa melihat tingkat pencarian keyword yang diinginkan berdasarkan sebaran Negara. Hasilnya tentu berupa peta sebaran pengguna search engine google berdasarkan Negara.

Misalnya apabila anda ingin memaksimalkan keyword orgasm , dengan Google Trends kita bisa mengetahui Negara mana yang penguna search enginenya lebih sering mencari keyword orgasm. Hasilnya kita bisa menembak keyword untuk persiapan blog dengan target market yang tepat, misalnya harus menempatkan server dimana, nama domain apa, pakai bahasa apa, dll. OK demikian paparan singkat ini semoga ada manfaatnya.

Cara Memilih Kata Popular Untuk Judul Posting Blog Dengan Google Trends
Judul suatu posting di blog atau website adalah penting untuk menentukan posisi postingan itu di mata search engine seperti google. Dengam tool SEO bisa juga kita memlih kata-kata mana yang popular di antara pilihan diksi yang ada. Dengan demikian maksud dan tujuan kita membuat posting bisa tercapai yaitu biar segera ter-index di google dan dapat dibaca oleh banyak pembaca online. Tanpa Tool SEO yang dari beberapa web atau blog itu pun, sebenarnya google telah menyediakan perangkat untuk mengetahu suatu kata itu popular atau tidak. Perangkat tersebut bernama google trends. Dengan google trends tanpa prosedur yang rumit kita bisa menentukan pilihan kata yang tepat buat judul blog kita.

Cara menggunakan google trends sangat mudah, yaitu kita tinggal masukkan kata kunci mana yang mau kita bidik. Misal postingan kemarin tentang asma dan hamil. Ternyata kata asma lebih popular dibanding kata asthma, kata hamil lebih popular di bandingkan dengan kehamilan. Judulnya menjadi Asma dan Hamil, bukan Asthma dan Kehamilan. Google trends memberikan 3 pilihan kata popular di regions atau Negara , kota dan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar