Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 11 Desember 2009

Bagaimana Cara - Mengemudi Aman dan Efisien

Bagaimana Cara - Mengemudi Aman dan Efisien

■ PERILAKU BERKENDARA

PERSIAPAN

Posisi Mengemudi

Jangan remehkan posisi dan cara mengemudi Anda. Pastikan Anda mendapatkan posisi mengemudi ideal yang meliputi Comfort (Kenyamanan; tidak cepat lelah), Communication (Komunikasi; bisa melihat dan dilihat oleh pengemudi lain) dan Control (Kendali; bisa merespon kondisi sekitar secara baik).



Pengunaan Sabuk Pengaman

Pasang sabuk pengaman Anda secara benar selama berkendara! Pastikan seatbelt melintas di tulang bahu Anda secara tepat. Pastikan juga posisi sabuk melintang di bawah pusar, menyentuh pangkal paha dan melintas di tulang punggung.

Mengurangi Blind Spot

Berhati-hatilah terhadap blind spot atau titik buta saat mengemudi karena pandangan terhalang oleh faktor eksternal semisal kehadiran kendaraan lain, tikungan, tiang, pagar, bangunan maupun pohon, atau penyebab internal semisal pilar A, penumpang, sandaran kepala atau barang muatan.

Untuk menghindari blind spot, atur posisi spion secara tepat, cobalah tengok kanan-kiri untuk memastikan kondisi aman, atau cermati area blind spot pengendara lain agar terhindar dari kecelakaan.

SELAMA PERJALANAN

Perilaku di Jalan

Banyak kecelakaan di jalan akibat kecerobohan selama berkendara. Mengemudi berarti Anda harus bisa mengendalikan perilaku maupun emosi selama perjalanan, tidak ugal-ugalan maupun gampang terpancing emosinya karena kondisi jalan.

Yang pertama sekali, pastikan Anda dalam kondisi sehat sehingga bisa berkonsentrasi dengan benar. Selalu lihat ke depan dan memastikan jarak aman dengan pengemudi lain. Pantau kondisi sekitar secara cermat baik melalui kaca spion maupun pandangan mata. Lakukan teknik pengereman dengan benar. Manfaatkan sistem pengereman kendaraan Anda secara optimal. Jangan melampaui kecepatan yang disarankan unutk keamanan Anda. Dan yang tak kalah pentingnya, selain kondisi kesehatan fisik Anda, kondisi fisik kendaraan juga harus sehat atau layak dikendarai agar keselamatan Anda di jalan selalu terjaga.

Menjaga Jarak Aman

Bila anda tidak bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di sekitar Anda, maka Anda beresiko tinggi untuk mengalami kecelakaan! Sesuaikan jarak aman (3 detik dari kendaran depan) dengan kemampuan mengemudi Anda. Bertindak ceroboh atau terlalu percaya diri bisa berakibat fatal!

Mengemudi dengan Efisien
Kesalahan mengemudi bisa berakibat pemborosan! Kendaraan Anda bisa hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar bila Anda mengemudikan nya secara benar. Pastikan putaran mesin kendaraan Anda di rentang putaran 500 di bawah dan 1000 rpm di atas putaran torsi maksimum.

Hindari pengereman ataupun akselerasi yang berlebihan karena hanya berakibat konsumsi bahan bakar yang tinggi. Sebisa mungkin jagalah laju kendaraan konstan kendaraan Anda sesuai kondisi perjalanan.

Patut diingat, tekanan ban yang tidak sesuai berakibat pada kelambanan akselerasi sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Lakukan juga uji emisi untuk mengetahui kondisi prima mesin kendaraan dalam hal kesempurnaan pembakaran. Hindari pula jalan yang macet. Atur temperatur AC yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan, karena kompresor AC memberikan beban yang cukup besar ke mesin. Dan jangan lupa, pastikan pada saat pengisian bahan bakar, Anda mendapatkan pengukuran yang tepat dan gunakan oktan sesuai yang direkomendasikan (>91).

Sumber: Indonesia Defensive Driving Center (IDDC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar